Jelang Pilkades, BPMPD di Demo Masyarakat Buluparigi

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 28, 2016 21:45

Jelang Pilkades, BPMPD di Demo Masyarakat Buluparigi

MediaCerdasBangsa.Com (SULBAR) Pasangkayu – PELAKSANAAN pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak belum lagi mencapai puncaknya, namun aksi unjuk rasa sudah mewarnai tahapan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.Kali ini, sekelompok pemuda yang mengatas namakan diri aliansi pemuda pemerhati desa dari desa Buluparigi kecamatan Baras, melakukan aksi unjuk rasa di kantor badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa (BPMPD) Matra, Kamis 28 April.

Mereka menuntut janji pemkab Matra yang akan menurunkan inspektorat untuk melakukan audit lapangan terhadap semua program kepala desa (kades) Buluparigi pada periode sebelumnya.Pendemo berdalih, bahwa aksi yang dilakukannya bukan untuk menjegal calon kades petahana, namun untuk meminta transparansi laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) petahana terhadap penggunaan anggaran negara saat masih menjabat.

“Aksi ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan calon kades tertentu, namun kami datang menagih janji pemkab Matra untuk menurunkan inspektorat. Kami menilai laporan pertanggung jawaban kepala desa tidak transparan” tutur koordinator aksi Amar.Mereka mengancam akan terus melakukan aksi unjuk rasa jika tuntututan mereka tersebut tidak terpenuhi.

Saat menerima pengunjuk rasa, Kepala BPMPD Matra Arfan Lasibe mengaku tidak memiliki kewenangan untuk memaksa pihak inspektorat untuk turun langsung melakukan audit, ia hanya bisa melakukan koordinasi terkait masalah tersebut. BPMPD juga tidak bisa mengatakan menerima atau menolak LKPJ kepala desa, karena memang kepala desa hanya diwajibkan menyampaikan LKPJ itu, bukan melaporkan” terang Arfan Lasibe.

Mengenai LKPJ kades Buluparigi yang juga sekarang berstatus petahana, Arfan menyampaikan bahwa tidak ada masalah lagi, dalam LKPJ itupun telah dilampirkan bebas temuan dari Inspektorat.

” Memang petahana itu diwajibkan untuk melampirkan LKPJ nya, nah untuk desa Buluparigi semuanya sudah lengkap dan tidak ada masalah lagi, tapi kalau untuk lebih detailnya bisa datangi langsung Inspektorat, dan nanti saya juga akan melakukan koordinasi kesana” tambah Arafan Lasibe.Setelah beberapa saat berdiskusi dengan pihak BPMPD Matra, pendemo pun akhrinya membubarakan diri, namun berjanji akan kembali lagi pada awal pekan depan, menagih janji dikantor inspektorat Matra.(joni)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 28, 2016 21:45
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.