Perbatasan RI Dan Malaysia Di Kalimantan Barat Belum Memiliki Pos Pengamanan

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Agustus 29, 2017 01:19

Perbatasan RI Dan Malaysia Di Kalimantan Barat Belum Memiliki Pos Pengamanan

MCB.Com (Kalimantan Barat) – Dari 960 kilometer panjang wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat, 360 kilometernya belum memiliki pos pengamanan perbatasan. Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa mengakui masih belum adanya pos pengamanan perbatasan di kawasan tersebut.

Pangdam XII Tanjungpura sudah melaporkan ke Mabes TNI terkait  hai ini, mengingat   sepanjang 360 kilometer itu juga bagian dari wilayah  taman nasional.

Dikatakan, laporan ke Mabes tersebut terkait pembentukan  pos penjagaan wilayah perbatasan untuk mempermudah patroli prajurit demi mencegah munculnya ganggunan keamanan seperti penyelundupan, terorisme, barang ilegal serta narkoba. Pihaknya terus  berkoordinasi dengan instansi.

“Itu sdh kita laporkan dan kondisi itu sudah lama. Sudah ada progress di tingkat Mabes TNI yang akan membentuk pos lagi. Jadi 360-an KM disepanjang Taman Nasional, juga akan dibangun pos.  Masalahnya kan, kita tidak ingin secara sepihak, kemudian membuat pihak-pihak lain, maupun instansi lain, komplein,” terang Andika Perkasa.

Dikatakan, hubungannya dengan taman nasional tidak boleh dibangun pos. Perlunya proses administrasi membangun pos untuk segera diselesaikan. “Ini memang membutuhkan waktu. Tapi sudah ada proses dan kemajuannya,” jelas Andika Perkasa.

Andika Perkasa mengungkapkan, saat ini di wilayah perbatasan Kalbar, telah dibangun 59 Pos Pamtas. 30 Pos Pamtas berada di wilayah  sektor Barat, dan 29 Pos Pamtas di wilayah sektor Timur.

Arena itu kata Andika Perkasa, untuk mempermudah prajuritnya dalam mengawasi dan pengamanan wilayah perbatasan di sepanjang taman nasional.* (01/03)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Agustus 29, 2017 01:19
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.