Beranda Let's Tour 5 Wisata Provinsi Papua yang Wajib Dinikmati

5 Wisata Provinsi Papua yang Wajib Dinikmati

18
DanauPaniaiPapua

Indonesia terkenal dengan wisatanya yang memanjakan mata. Tak heran jika sebagian di antaranya menjadi destinasi terbaik untuk berlibur. Salah satunya adalah Papua yang kini menjadi destinasi terbaik untuk berlibur.

Jika Provinsi Papua Barat lebih dikenal dengan objek wisata baharinya, berbeda dengan Papua yang lebih terkenal dengan wisata alam dan budayanya. Di provinsi ini, Anda bisa menemukan danau terbaik dan terindah di dunia, yaitu Danau Paniai serta festival budaya yang sangat tersohor, yaitu Festival Lembah Baliem.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke Provinsi Papua, berikut rekomendasi wisata utama di provinsi papua berdasarkan Skyscanner.

1. Pegunungan Jayawijaya
Pegunungan Jayawijaya mempunyai beberapa puncak tertinggi di Indonesia dan terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Meski berada di ketinggian 4.800 mdpl, fosil kerang laut, bisa dilihat pada batuan gamping dan klastik yang terdapat di areanya.

Tak heran, jika Pegunungan Jayawijaya menjadi surganya para pendaki gunung dan peneliti geologi dunia. Menariknya, Pegunungan Jayawijaya merupakan satu-satunya pegunungan di Indonesia yang memiliki puncak yang tertutup oleh salju abadi.

2. Danau Paniai
Danau yang memiliki luas 14.500 hektar dan berada pada ketinggian 7.500 meter di atas permukaan laut ini pernah dinobatkan sebagai danau terbaik dan terindah di seluruh dunia pada Konferensi Danau se-Dunia pada 30 November 2007. Selain kondisinya yang masih sangat alami, di sekitar danau juga tersimpan nilai-nilai seni budaya masyarakat setempat, yaitu seni budaya Suku Mee dan Suku Moni. Jika beruntung, di tempat ini Anda juga bisa melihat udang endemik Papua yang sudah mulai langka, yaitu udang selingkuh (cherax albertisii).

3. Danau Sentani, Jayapura
Letaknya yang cukup dekat dari Kota Jayapura, sekitar 50 kilometer, membuat danau ini menjadi tujuan favorit wisatawan domestik dan mancanegara sebelum mengunjungi objek wisata lainnya. Di danau ini pula setiap tahunnya digelar Festival Danau Sentani yang biasanya diadakan pada pertengahan bulan Juni. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti pengobatan Ondoafi dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

4. Taman Nasinal Lorentz
Taman nasional yang memiliki luas sekitar 25.000 m2 ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Ada bisa menemukan keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya yang sudah berumur 30 ribu tahun. Di taman nasional ini pula hidup suku Nduga, Dani Barat, Amungme, Sempan dan Asmat.

Untuk menuju ke Taman Nasional Lorentz, Anda harus terbang ke Timika dan dilanjutkan ke bagian utara dengan menggunakan penerbangan perintis atau ke bagian selatan dengan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma, dilanjutkan dengan jalan setapak ke beberapa lokasi. Agustus hingga Desember merupakan bulan terbaik untuk mengunjungi taman ini.

5. Festival Lembah Baliem
Festival Lembah Baliem berlangsung selama tiga hari dan diselenggarakan setiap bulan Agustus. Yang istimewa di festival ini adalah dimulai dengan skenario pemicu perang seperti penculikan warga, pembunuhan anak suku, atau penyerbuan ladang yang baru dibuka. Adanya pemicu ini menyebabkan suku lainnya harus membalas dendam sehingga penyerbuan pun dilakukan.

Dengan menghadiri Festival Lembah Baliem yang diselenggarakan di Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Anda akan memiliki kesempatan untuk belajar dan bersentuhan langsung dengan beragam tradisi suku-suku setempat yang berbeda-beda. Festival ini diikuti oleh lebih dari 40 suku lengkap dengan pakaian tradisional dan lukisan di wajah mereka.