Beranda Bengkulu Banjir Yang Kembali Mengenangi Wilayah Kota Pangkalpinang Membuat Pemda Pangkal Pinang Ajukan...

Banjir Yang Kembali Mengenangi Wilayah Kota Pangkalpinang Membuat Pemda Pangkal Pinang Ajukan Biaya Ke Pusat Atasi Banjir

45

MediaCerdasBangsa.Com (Nasional) – Pangkalpinang (Bangka Belitung) Curah hujan yang tinggi, dangkalnya alur sungai-sungai di Pangkalpinang juga menjadi faktor terjadinya bencana banjir, untuk itu Pemerintah Kota Pangkalpinang akan mengajukan dana APBN kepada pemerintah pusat sebesar 200 Milyar Rupiah, guna menormalisasi dan melakukan pendalaman alur sungai.

Pemerintah Kota Pangkalpinang dirasa belum maksimal dalam mengantisipas bencana banjir yang datang mengingat bencana banjir tersebut pernah melanda wilayah Pangkalpinang pada Februari silam selain curah hujan yang tinggi, dangkalnya alur sungai juga menjadi faktor penyebab terjadinnya banjir di Pangkalpinang.

Walikota Pangkalpinang Muhammad Sopian mengatakan saat mengahdiri rapat koordinasi teknis perencanaan sumber air baku, Pemerintah Kota Pangkalpinang akan mengajukan dana APBN sebesar 200 Milyard kepada pemerintah pusat guna
melakukan pendalaman alur-alur sungai di pangkalpinang yang telah mendangkal.

Dana 200 milyard tersebut nantinya akan digunakan untuk normalisasi sungai sepanjang 6,5 km dari sungai rangkui sampai muara dijembatan Ketapang normalisasi di Kolong Kacang Pedang, Kolong Teluk Bayur dengan kedalaman 6 Meter dan luas 20 Hektar.

Sopian berharap, dengan rencana tersebut Pemrintah Kota Pangkalpinang, dapat segera mengatasi jika terjadi becana banjir dikemudian hari. (ar)