Beranda D.I Yogyakarta Pemugaran Candi Kedulan Yogyakarta.

Pemugaran Candi Kedulan Yogyakarta.

93

MCB.Com ( Yogyakarta ) Pemugaran Candi Kedulan Di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman sudah selesai, ditandai dengan pemasangan Ratna Kemuncak Pemugaran Candi Induk Kedulan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembalikan bentuk asli bangunan sesuai prinsip arkeologis yaitu keaslian bahan, keaslian bentuk, keaslian tata letak, dan keaslian teknik pengerjaan. Dirjen Kebudayaan RI Hilmar Farid mengatakan  pemugaran Candi Kedulan ini telah dilakukan i sejak awal tahun.

Bangunan  Candi Kedulan yang mengandung sejarah Agama Hindu, pertama kali ditemukan pada tahun 1993. Selama ini candi tersebut terkubur sedalam 6 meter dibawah tanah sehingga butuh proses panjang untuk pengumpulan data dan merekonstruksi. Sejak   Tahun 2006, BPBC sudah siap melakukan pemugaran ,tetapi  karena  ada musibah gempa  prioritas utama melakukan rehabilitasi tertunda sehingga fokus pemugaran dilakukan untuk Candi Prambanan dahulu.

Secara bertahap dilakukan pembebasan tanah di sekeliling area candi kedulan, sampai saat ini sudah sekitar 50 persen lahan yang dibebaskan dari target kurang lebih 2 hektare. Meski belum secara resmi dibuka untuk destinasi wisata, namun keberadaan Candi Kedulan sudah menarik minat masyarakat.  Selama pemugaran berlangsung, tidak sedikit warga yang datang untuk melihat prosesnya., kepala BPCB DIY Ari Susanti menjelaskan, Pemugaran Candi Kedulan beserta sarana pendukungnya ditarget selesai pada  tahun 2020.( 02-mcb )