Beranda DKI Jakarta Batalkan Ganjil Genap

Batalkan Ganjil Genap

15

MCB.Com (Jakarta) – Besok Senin 9 September 2019, pemprov Jakarta akan menerapkan kebijakan perluasan Ganjil Genap. Kebijakan Ganjil Genap tidak efektif karena  tidak sistemik. Macet Jakarta sudah akut maka perlu kebijakan sistemik. Tidak benar bahwa uji coba perluasan ganjil genap berdampak baik pada kualitas udara Jakarta. Fakta menunjukkan hasil pantauan Airvisual selama masa uji coba perluasan Ganjil genap 12 Agustus 2019 hingga hari ini 6 September 2019 kualitas udara Jakarta berada pada posisi juara tetap  satu atau dua terburuk di dunia.

Batalkan Ganjil Genap. Sebagainya penggantinya adalah penggunaan kebijakan jalan berbayar elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP). Sambil berjalan dengan ERP pemprov Jakarta bisa membangun integrasi layanan angkutan umum massal secara baik serta kebijakan tarif parkir mahal secara sistemik.

Pendekatan sistemik berupa  pembangunan ERP, Integrasi Layanan Angkutan Umum Massal dan Parkir secara bersamaan akan memberikan dampak signifikan pada pemecahan masalah kemacetan Jakarta. Dapat dipecahkannya kemacetan maka akan meningkatkan kualitas baik udara Jakarta. Maka sekali lagi batalkan kebijakan ganjil genap dan jangan buang-buang waktu – energi.(IMO-Indonesia)