Ben Idrus: Pemkot Gratiskan Pembuatan Akta Notaris Keporasi

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Agustus 10, 2017 02:52

Ben Idrus: Pemkot Gratiskan Pembuatan Akta Notaris Keporasi

MCB.COM (Kota Gorontalo) – Dinas Tenaga Kerja, Keporasi, dan UKM mendorong pengembangan terbentuknya koperasi baru di Kota Gorontalo. Untuk pembuatan akta notaris yang merupakan badan hukum dari terbentuknya sebuah keporasi, pemrintah kota gratiskan pembuatan akta notaris yang di-backup melalui dana APBD.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UKM Kota Gorontalo Ben Idrus mengatakan, pada tahun 2017 ini sudah ada enam koperasi  yang sudah difasilitasi pembentukannya, mulai dari persiapan keanggotaan, persiapan AD/ART, sampai terbitnya akta notaris yang merupakan badan hukum dari keporasi itu sendiri. Upaya-upaya pendampingan tersebut tidak dipungut biaya—gratis.

Mantan Kepala Dina Pendidikan Kota Gorontalo ini menambahkan, setiap tahun pembentukan koperasi di Kota Gorontalo bertambah. Tentunya kata Ben Idrus, terbentuknya koperasi tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ia tetap memfasilitasi perolehan bantuan modal,  yang bersumber dari KUR (Kredit Usaha Rakyat, Perbankan, LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir), dan sumber dana lainnya.

Menurut Ben Idrus, koperasi yang baru dibentuk maupun yang sudah berjalan, rata-rata belum memenuhi standard kompetensi dari sisi sumber daya manusia (SDM). Makanya, dinas koperasi terus menggenjot peningktan manajemen pengelolaan koperasi lewat diklat.

“Alhamduilah tahun 2017 ini sudah dua angkatan kita laksanakan diklat bagi pengurus koperasi. Dan yang kita prioritaskan adalah koperasi yang baru terbentuk.  Kita tidak menyampingkan juga koperasi yang sudah jalan yang kita anggap punya kendala dalam manajemennya,” ujarnya.

Dikatakan, kedepan  koperasi akan menggunakan sistem online yang saat ini sementara dipersiapkan. “Insya Allah lewat aksesbilitas pelayanan keporasi akan berbasis IT (Informasi Teknologi). Semua kepengurusan, keanggotaannya bisa dilihat. Dari aplikasi yang sementara kita buat dalam waktu dekat mayarakat bisa melihat, dimana alamat koperasi, simpan pinjamnya berapa, keanggotaanya berapa,  itu kita bisa lihat lewat aplikasi yang ada,” Jelasnya.

Ben Idrus berharap, ke depan koperasi di Kota Gorontalo berdampak pertumbuhan ekonomi dan memberikan kesejahteraan kepada anggota dan masyarakat.* (01-Bayu)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Agustus 10, 2017 02:52
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.