Bupati Nelson Minta Balitbang Dapat Memberi Warna Tersendiri

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 6, 2017 00:12

Bupati Nelson Minta Balitbang Dapat Memberi Warna Tersendiri

MCB.Com (Kabupaten Gorontalo) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) pebagai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) baru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang baru dibentuk agar memberikan warna tersendiri pada OPD yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Balitbang merupakan centre point pemda dalam rangka memaksimalkan pembangunan dan pengembangan daerah melalui kajian-kajian dan riset strategis guna percepatan dan penetapan regulasi birokrasi di Kabupaten Gorontalo.

“Saya apresiasi baik kinerja Balitbang. OPD yang baru dibentuk ini telah dapat menyesuaikan dan melakukan akselerasi program yang telah dijabarkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Gorontalo,” kata Bupati Nelson di sela-sela melakukan sidak sekaligus menghadiri rapat evaluasi triwulan II di Kantor Balitbang Kabupaten Gorontalo, Selasa(04/7).

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati Alumni Fakultas Pertanian Unsrat Manado ini berharap, agar perlu dilakukan kajian dan terus dipacu penataan secara internal dan eksternal. Secara internal yakni penataan keorganisasian Balitbang, yakni tupoksi deskripsi tugas, capacity building, melakukan sosialisasi keseluruh lembaga pusat daerah tentang eksistensi Balitbang Kabupaten Gorontalo, serta melakukan upgrade skill dan knowledge bagi pejabat Eselon II, III, dan IV untuk selalu dipacu terus meng-upgrade skill dan knowledge.

Untuk itu, kata Nelson, seluruh laboratorium yang ada disetiap SKPD serta kajian yang ada juga di setiap SKPD harus dilakukan dengan melibatkan Balitbang. Secara eksternal, Litbang merancang kerjasama dengan seluruh kementerian yang nota bene memiliki kelembagaan Litbang di seluruh Indonesia, dengan LIPI, serta seluruh perguruan tinggi, baik di daerah maupun di luar daerah.

Nelson tekankan, Litbang harus menemukan kajian-kajian yang lebih strategis dan ter-update yang terkait dengan kebijakan dan pembangunan daerah.

Terkait sidak, Nelson ingin mengecek dan memastikan kehadiran para ASN pasca Libur lebaran, termasuk pengecekan lingkungan kantor, sekaligus  mendorong memotivasi mereka untuk bekerja dengan baik terkait program yang sedang dijalankan.

Di sisi lain, Kepala Balitbang Kabulaten Gorontalo Zainal Abidin Umar mengungkapkan, Balitbang terus melakukan terobosan dengan dengan strategi dan arah kebijakan, yaitu, melaksanakan kegiatan Litbang yang berkaitan dengan isu-isu aktual program strategis pemerintah daerah serta membangun jejaring kelembagaan dengan stakeholder.

“Bilitbang  telah menyusun  Rencana Induk Penelitian (RIP) yang telah disesuaikan dengan progres capain pertahun program. Saya berharap, Balitbang dapat melakukan sinergitas dengan pihak internal di tingkat OPD dan pihak eksternal sesuai harapan pimpinan daerah,” ujar Zainal Abidin.* (Olu/Irfan-Humas)

 

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 6, 2017 00:12
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.