Dikbudpora Provinsi Gorontalo Bantu Traktor Kepada SMK Negeri 2 Limboto

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Januari 30, 2018 22:51

Dikbudpora Provinsi Gorontalo Bantu Traktor Kepada SMK Negeri 2 Limboto

MCB.Com (Gorontalo) – SMK Negeri 2 Limboto adalah salah satu sekolah kejuaruan yang mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Berbagai prestasi yang telah  diraih  oleh sekolah ini,  sehingga Dinas Dikbudpora Provinnsi Gorontalo memberikan satu unit traktor roda empat bagi sekolah tersebut.

Kepala SMK Negeri 2 Limboto Bahrudin Puyo mengatakan, adanya bantuan traktor siswa banyak terbantu. Siswa   bukan hanya menerima teori tentang pertanian, namun bisa menggunakan traktor sebagai bahan praktek dan menjadi  bekal apabila lulus nanti.

Sementara itu, Ketua Jurusan Pertanian Mukhlis menjelaskan, peserta didik bukan hanya menyerap secara teoritis tetapi langsung mempraktekkan traktor di lapangan. Setiap siswa harus mengetahui cara  mengemudikan traktor besar, termasuk  sarana alsintan lainnya seperti hand traktor di area pertanian milik  sekolah.

“Jadi kami harus berusaha agar semua siswa bisa kompeten dalam mengoprasikan traktor roda empat, dan setiap siswa itu kami bawah di lahan untuk setiap siswa itu minimal lima putaran untuk mengoprasikan traktor roda empat. Intinya agar supaya bagaimana mereka kompoten mengoperasikan traktor roda empat ini,” ujar Mukhlis.

Menurut Muklis, metode pendidikan dan pengajaran di SMK Negri 2 Limboto mengedepankan praktek lapangan, dimana siswa menyerap 30 persen teori, selebihnya siswa  banyak aplikasi teori dan praktek, sehingga penyerapan ilmu lebih nyata.

Artinya kata Mukhlis, peserta didik harus punya skill yang kompeten di bidangnya, selain itu  siswa dituntut harus banyak mengetahui dan memahami bagaimana proses produksi tanaman pangan dari mulai pengolahan lahan hingga panen, termasuk cara menggunakan peralatan alsintan sekaligus merawat mesinnya.* (01/03)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Januari 30, 2018 22:51
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.