Dinas Sosial & Tenaga Kerja Kota Gorontalo Terapkan Sistem Pelayanan Aplikasi di 2018

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Oktober 17, 2017 02:02

Dinas Sosial & Tenaga Kerja Kota Gorontalo Terapkan Sistem Pelayanan Aplikasi di 2018

MCB.com (Kota Gorontalo) – Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Gorontalo berusaha memberikan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Upaya pemberian pelayanan tersebut akan dibuat dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses secara terbuka oleh masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Gorontalo, Nixon Rachman kepada MCB.Com, Senin (16/10) di ruang kerjanya. Dikatakan, Penanganan Fakir Miskin  (PFM) akan tercatat pada Aplikasi Basis Data Terpadu (BDT).

“Nanti pada tahun 2018, akan ada aplikasi data miskin. Masyarakat dan siapa saja bisa melihat sekaligus meng-uploud aplikasi yang dimiliki dinas sosial. Sistem ini fokus pada data-data keluarga miskin,” jelas Nixon.

Menurut Nixon, program ini sangat memudahkan masyarakat mengakses data-data organisasi atau  masyarakat penerima bantuan. Masyarakat secara otomatis bisa melihat secara langsung bantuan yang dikucurkan di kelurahan dan ke kelompok masyarakat.

Nixon menjelaskan, pada aplikasi tersebut akan ditampilkan penerima bantuan sesuai rangking yang berbasis data terpadu.  Dengan demikian masyarakat bisa mengetahui secara jelas nama-nama masyarakat miskin sebenarnya. Masyarakat juga dapat menilai, apakah benar atau tidak penerima bantuan itu?

“Selama ini kan, orang hanya membanding-bandingkan bahwa si ini tidak layak, si itu tidak bisa dapat bantuan. Dengan aplikasi ini masyarakat sudah bisa melihat kategori orang miskin sebenarnya,” jelas Nixon.

Kalau sebelumnya masih dilakukan secara manual, maka pada tahun 2018 mendatang kata Nixon, jaringan aplikasi akan terhubung di setiap kelurahan. “Kita cukup mengutus satu oprator di setiap kelurahan yang bertugas mengimput perubahan-perubahan yang terjadi,” tandasnya.* (01/17)

 

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Oktober 17, 2017 02:02
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.