Beranda Advetorial Dinilai Sukses Kembangkan Pertanian, Masyarakat Kabupaten Gorontalo Dapat Bantuan Pemerintah Pusat

Dinilai Sukses Kembangkan Pertanian, Masyarakat Kabupaten Gorontalo Dapat Bantuan Pemerintah Pusat

16

MCB.Com (Gorontalo) –  Kunjungan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Gorontalo memberikan berkah tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Gorontalo. Selain melakukan panen jagung di Desa Toloti’o, Kecamatan Tibawa, Rabu (30/01/19), ia juga membawa bantuan untuk sektor pertanian.

Adapun bantuan dari pemerintah pusat, sebesar Rp. 17.911.768, diserahkan langsung oleh Gubernur Rusli Habibie kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo,  Hadijah U Tayeb. Bantuan tersebut sudah dianggarkan pada DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggran) tahun 2019.

Anggaran Rp. 17 miliar lebih itu, terdiri dari dua bagian; Pertama, Rp.9.452.399. 000 dialokasikan untuk pengembangan jaringan irigasi  tersier 1000 Ha, pengembangan embung pertanian 2 unit, alat mesin pertanian pra panen, peremajaan tanaman kelapa 300 Ha, penanaman dan intensifikasi tanaman tebu 400 Ha, pengadaan alat pasca panen kelapa 4 KT, bantuan sarana produksi bawang merah 15 Ha, bantuan sarana produksi cabai rawit 50 Ha, fasilitas bantuan bangsal pasca panen 1 unit. Kedua, Rp.8.369.369.000, yakni bantuan jagung untuk 12.500 Ha dan bantuan padi ladang 1.150 Ha.

Kepada para awak media, Hadijah menjelaskan, perhatian pemerintah pusat di sektor pertanian untuk Kabupaten Gorontalo, disebabkan Bupati Nelson Pomalingo dinilai berhasil dalam mensukseskan berbagai program yang lebih berfokus pada sektor pertanian.

“Alhamdulillah, pemerintah pusat setiap tahun memberikan bantuan anggaran untuk masyarakat Kabupaten Gorontalo mencapai miliyaran rupiah. Ini tak lepas dari kolaborasi yang terus dibangun dengan baik oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan  pemerintah Provinsi Gorontalo dan pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pertanian,” jelas Sekda Hadijah.

Menurut Hadijah, bantuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gorontalo, khususnya para perani dalam pengembangan dan peningkatan produktifitas pertanian.

Ia berharap para petani dapat menggunakan pemanfaatan bantuan ini sebaik mungkin agar kehidupan, kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gorontalo lebih makmur.* (01/Olu/Humas)