Beranda Kep Riau Kapal Muat Amonium Nitrat Ditahan Beacukai Kepri

Kapal Muat Amonium Nitrat Ditahan Beacukai Kepri

31

MediaCerdasBangsa.Com – Batam (Kepulauan Riau) Petugas patroli Dirjen Bea dan Cukai Kanwil khusus Kepri, berhasil menangkap sebuah kapal yang membawa Amonium Nitrat ilegal yang berasal dari kawasan Pasir Gudang, Malaysia dengan tujuan Sulawesi Selatan kapal motor HK B-29 ini membawa bahan yang merupakan salah satu unsur bahan peledak ditangkap beserta 1orang nahkoda dan 6 orang ABK.

Menurut pengakuan anak buah kapal Amonium Nitrat yang mereka bawa ini rencanannya untuk membuat bahan peledak ikan yang dikemas dalam 2050 karung atau seberat 50 ton untuk mengelabuhi petugas Amonium Nitrat mereka kemas dengan menggunakan dua kemasan pada kemasan luar berupa karung plastik, Kabid PSO Dirjen Bea Dan Cukai Kanwil Khusus Kepri Raden Evy Suhartantyo saat ekspose penangkapan kapal motor bermuatan 50 ton Ammonium Nitrat mengatakan kapal ini mengangkut barang impor yang merupakan kategori larangan impor tanpa dilindungi manifes.

Dari penyelidikan petugas kapal ini di ketahui berasal dari kawasan Pasir Gudang, Malaysia dengan tujuan Sulawesi Selatan diperkirakan Ammonium Nitrat seberat 50 ton ini senilai 6,6 Miliar Rupiah dengan asumsi harga per karung sebesar 130 Ribu Rupiah per kilo gram selain mengamankan 50 ton Amonium Nitrat petugas juga mengamankan 6 ABK dan 1 Nahkoda Kapal. Petugas Bea dan Cukai Kepri terus meningkatkan oprasi diperairan Kepuluan Riau mengingat semakin maraknya bahan peledak diperjual belikan dengan harga murah dan mudah diperoleh dari negara Malaysia. (an)