Beranda Gorontalo Kepala Basarnas Gorontalo:  Jika Terjadi Musibah, Penting Koordinasi

Kepala Basarnas Gorontalo:  Jika Terjadi Musibah, Penting Koordinasi

42

MCB.Com (Gorontalo) – Kepala Basarnas Gorontalo, Muslimin mengatakan, koordinasi dan kerja sama dengan pemerintah dan masyarakat merupakan bagian untuk mendukung pelaksanaan pencarian dan pertolongan jika terjadi bencana maupun kecelakaan.

Menurut Muslimin, setiap kecelakaan maupun bencana yang membahayakan jiwa manusia dan mahluk hidup, tidak bisa diprediksi, sehingga sangat penting sebuah koordinasi.

Untuk menanamkan pemahaman tentang upaya pencarian dan pertolongan, petugas Basarnas Gorontalo menggelar berbagai sosialisasi, mulai dari tingkat pelajar hingga masyarakat.

Edukasi tentang SAR menjadi bagian dari kemampuan secara mandiri oleh masyarakat tentang cara menyelamatkan diri ataupun orang lain saat terjadi bencana maupun kecelakaan.

Saat ini kata Muslimin, Badan SAR Gorontalo telah memiliki peralatan sesuai standar dan petugas yang sudah terlatih untuk menangani operasi SAR di wilayah Gorontalo.

“Untuk teman-teman kami semua dan masyarakat itu yang perlu ditingkatkan adalah koordinasi, dalam arti kata, disetiap ada terjadi operasi atau musibah, dari pihak Basarnas ataupun potensi-potensi harus cepat untuk menginformasikan,” ujar Muslimin

Muslimin menambahkan, sebagai wujud impelentasi program nawacita presiden, Basarnas sebagai perwujudan wakil negara dan pemerintah diharapkan mampu dan selalu hadir untuk memberikan rasa aman kepada segenap komponen bangsa yang melakukan berbagai aktivitas.* (01/03)