KPU Berikan Sosialisasi Kepada Penyandang Distabilitas

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa November 17, 2016 17:06

KPU Berikan Sosialisasi Kepada Penyandang Distabilitas

MCB.COM (Gorontalo) – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Gorontalo bersama KPU Kabupaten Boalemo, sebagai penyelenggara pilkada serentak gubernur dan bupati 2017, memprioritaskan hak pilih bagi penyandang disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.

Maspa Mantulangi, anggota KPU Provinsi Gorontalo membidangi Humas dan Sosialisasi mengatakan, kali ini KPU Provinsi dan KPU kabupaten, bersama-sama sosialisasikan tentang pemilihan gubernur dan bupati, yang dipusatkan di Kantor Camat Dulupi, Kabupaten Boalemo, terutama bagi penyandang disabilitas.

Menurutnya Maspa, sosialisasi bagi yang berkebutuhan khusus ini penting, bukan karena jumlah mereka yang banyak, akan tetapi mereka punya hak yang sama untuk menentukan pilihan mereka.

Diakuinya, memang sedikit sulit memberikan pemahaman kepada penyandang disabilitas, karena memang kekurangan mereka berbeda-beda, sehingga setiap kali pihaknya melakukan sosialisasi melibatkan guru dari Sekolah Luar Biasa (SLB) yang mengerti betul cara berkomunikasi dengan mereka.

“Saya akan terus berkoordinasi dengan KPU kabupaten-kota lainya se-provinsi Gorontalo, untuk terus memberikan dukungan serta sosialisasi bagi penyandang disabilitas, terutama data mereka untuk disesuaikan dengan kebutuhan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti,” jelasnya.
Dijelaskan, pada saat pencoblosan nanti, KPU mempersilahkan kepada anggota keluarga mereka untuk mendampinginya, namum pihaknya juga telah menyiapkan satu orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mendampingi mereka.

“Kepada petugas KPPS, juga akan diberikan bimtek khusus untuk menangani mereka yang berkebutuhan khusus,” ucap Maspa.

KPU berharap kepada anggota keluarga penyandang disabilitas untuk tidak lupa mengajak mereka, memberikan hak pilih pada 15 Februari 2017. (Rifat_Teknis & Hupmas KPU Prov. Gorontalo)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa November 17, 2016 17:06
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.