Beranda Gorontalo Kritis..! Danau Limboto Terancam Hilang

Kritis..! Danau Limboto Terancam Hilang

8

MCB.Com (Gorontalo) – Sejumlah persoalan mengancam kelestarian Danau Limboto. Dalam beberapa waktu terakhir, kedalaman dan luas danau terus berkurang.  Pemerintah pusat kemudian menetapkan danau kebanggaan masyarakat Gorontalo ini sebagai salah satu danau kritis di Indonesia yang terancam hilang.

Sebagai langkah awal dalam penyelamatan danau Limboto, Pemerintah melalui balai sungai wilayah Sulawesi dua, sejak tahun 2012 melaksanakan pekerjaan rehabilitasi Danau Limboto. Salah satunya dengan membuat tanggul yang dibuat melingkar, termasuk dengan pengerukan areal danau.

Tak hanya itu, upaya penanganan Danau Limboto dilakukan secara bersama-sama oleh lintas sektor. Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, juga telah membuat sejumlah rencana penanganan untuk menjaga kelestarian danau ini.

Sebelumnya, Jaring Advokasi Pengelolaan Sumber Daya Alam (Japesda) Gorontalo menilai, persoalan utama yang harus dilakukan untuk menanggulangi masalah Danau Limboto adalah dengan penanganan kerusakan hutan di bagian hulu yang selama ini menjadi penyumbang terbesar sedimentasi danau.* (01/03)