Lestarikan Tarian Budaya Tradisional

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 24, 2016 20:37

Lestarikan Tarian Budaya Tradisional

MediaCerdasBangsa.Com – Jember (Jawa Timur)  Dari waktu kewaktu kebudayaan asli indonesia semakin terkikis budaya modern, salah satunya budaya kesenian tari tradisional untuk melestarikan kesenian daerah tersebut, sebuah sanggar tari di Kabupaten Jember mengajarkan dan memperkenalkan berbagai macam kesenian tari dari berbagai daerah di indonesia kepada generasi penerus bangsa dari kalangan anak-anak dan remaja.

Disebuah sanggar tari di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember inilah, sejumlah anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas berlatih kesenian tari tradisonal dibawah arahan pemilik sanggar tari Vian Che’z  berbagai kesenian tari tradisional dari berbagai daerah di indonesia, seperti tari Remong, tari Reog dari Ponorogo, tari Gandrung dari Banyuwangi dan beberapa kesenian tari tradisional lainnya dapat dipelajari disanggar ini.

Salah seorang siswa sekolah dasar yang ikut berlatih di sanggar tari, Dewi  mengaku senang bisa mempelajari berbagai macam kesenian tari tradisional, selain tidak dipungut biaya, dirinya juga bisa mendapatkan teman baru diluar lingkungan sekolah.

Sebelumnya pemilik sanggar tari Vian Che’z mengaku prihatin dengan kondisi saat ini, dimana generasi muda lebih meminati tarian modern, dari pada tarian tradional warisan nenek moyang yang telah berada diambang kepunahan akibat tidak adanya regenarasi dan kepedulian dari pemerintah setempat.

Pemilik sanggar tari Vian Che’z sengaja mendirikan sanggar ini, sebagai upaya melestarikan kebudayaan asli Indonesia khusunya tarian tradisional yang kini mulai ditinggalkan para generasi muda, seiring berkembangnya tarian modern dari mancanegara. (su)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 24, 2016 20:37
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.