Beranda Gorontalo Pemkab Pilot Project Pembangunan Hunian Nyaman Dan Pantas

Pemkab Pilot Project Pembangunan Hunian Nyaman Dan Pantas

16

MCB.Com (Limboto) – Kabupaten Gorontalo menjadi Pilot Project pembangunan Hunian Nyaman dan Pantas Bagi masyarakat dengan berbasis Komunitas. Hal itu ditandai dengan hadirnya Direktur perumahan Umum Komunitas (PUK) Kementrian PUPR,  Ir. Mohamad Yusuf Hari Agung yang melangsungkan rapat kerja,  bersama pemerintah Kabupaten Gorontalo. Kamis (11/07) Ruang Madani Kantor Bupati.

Mohamad Yusuf mengakui bahwa pembangunan Hunian Nyaman dan Pantas di Kabupaten Gorontalo adalah pembangunan dengan skema yang pertama dilakukan di Seluruh Indonesia. Dimana Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang menyiapkan lokasi pembangunan bagi masyarakat yang tidak punya lahan, dan pemerintah pusatlah yang melakukan pembangunan Hunian Nyaman dan Pantas.

Dalam rapat kerja bersama pemerintah Kabupaten Gorontalo dan perwakilan Komunitas calon penerima hunian nyaman dan pantas tersebut, Mohamad Yusuf berjanji akan mengusulkan melalui kementrian PUPR akan menghadirkan presiden Joko Widodo untuk melakukan peletakan batu pertama.

Sementara Kepala Dinas Perkim, Doni Lahati menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Gorontalo sudah sangat siap melakukan pembangunan 1500 hunian Nyaman pantas bagi Masyarakat Komunitas Kabupaten Gorontalo.

“Masalah kesiapan lahan, kesiapan infrastruktur, pemerintah daerah sudah siap dan sangat komitmen untuk merealisasikan program pemerintah Pusat tersebut,” Tegas Donie.

Donie Lahati menambahkan program Hunian Nyamana Pantas ini nantinya akan mempengaruhi berkurangnya masyarakat Miskin di Kabupaten Gorontalo.

“1500 rumah itu artinya ada 1500 Keluarga yang kita kelurkan dari kemiskinan,” Ucap Donie.

Bantuan 1500 Hunian nyaman dan pantas ini juga kata Donie merupakan bentuk Komitmen Bupati Nelson Pomalingo yang sedari awal menjabat ingin membangun 10.000 ribu rumah bagi masyarakat miskin.

” Kalau 1500  Hunian Nyaman dan pantas ini direalisasikan, berarti tahun 2019 ini ada sekitar 4000 rumah yang akan dibangun, itu sudah termasuk dengan pembangunan rumah dari sumber dana  lainnya,” Terang Doni. (Olu/Humas)