Beranda Gorontalo Pemprov Gorontalo Gelar Pelatihan Pendamping Kelompok Mayarakat

Pemprov Gorontalo Gelar Pelatihan Pendamping Kelompok Mayarakat

8

MCB.Com (Gorontalo) – Desa memiliki banyak potensi yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun potensi yang dapat dijadikan sebagai penggerak ekonomi desa adalah pembangunan Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes. Keberadaan Bumdes ini, diharapkan menjadi lokomotif bagi perkembangan ekonomi desa sehingga angka kemiskinan dapat ditekan.

Hal ini diungkapkan penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Anis Naki saat membuka kegiatan pelatihan pendamping kelompok masyarakat dan Bumdes.

Menurut Anis, agar pembangunan kawasan perdesaan dapat menghasilkan nilai ekonomi tinggi bagi masyarakat, maka kawasan yang berhasil bukan hanya harus fokus, tetapi juga bisa memadukan aktifitas dari hulu hingga hilir.

“Karenanya, pelatihan pendamping kelompok masyarakat dan Bumdes ini, diharapkan dapat meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa,” jelas Anis.

Pelatihan di ikuti seratus lebih peserta, terdiri dari pengurus Bumdes, masyarakat kurang mampu, dan unsur UKM dari empat wilayah Kabupaten. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan, desa dapat lebih meningkat. Demikian pula kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. (01-03)