Beranda Kalimantan Pemulangan WNI Bermasalah Dari Negara Malaysia.

Pemulangan WNI Bermasalah Dari Negara Malaysia.

8

MCB.Com. (Nunukan – Kalimantan Utara ) Gelombang pemulangan WNI bermasalah dari Malaysia terus berlanjut,  3 kapal dari negeri jiran Malysia baru-baru ini  tiba di Nunukan Kalimantan Utara dengan membawa 197 orang Tki dan pelaku kriminal yang merupakan kiriman dari Konsulat Jenderal R.I. Di kota kinabalu.

Secara bergelombang pemerintah Malaysia mendeportasi warga negara Indonesia – WNI bermasalah melalui pintu Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.Tiga kapal  motor membawa 197 orang wni bermasalah tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan.

Kedatangan 3 kapal motor cepat ini mendapat pengawalan ketat dari Tentara Diraja Malaysia dan TNI Angkatan Laut.Para penumpang tersebut sebelum diserahkan ke pemerintah Indonesia terlebih dahulu  didata oleh pihak imigrasi setempat.Kepala Seksi  Perlindungan Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan TKI Nunukan Arbaim menjelaskan ,  persoalan yang mereka hadapi cukup beragam. Akibat permasalahan yang dihadapi TKI ini maka semua persoalan itu memaksa pemerintah Malaysia mengambil tindakan tegas dengan memulangkan mereka.

Pemulangan 197 warga negara Indonesia oleh Konsulat RI Di Kota Kinabalu di sebabkan para WNI  yang menetap di Malaysia melakukan banyak pelanggaran.Diantaranya WNI  ada yang masuk secara ilegal , terlibat perdagangan narkotika , lahir di Malaysia tapi belum memiliki Paspor, serta masa tinggal yang telah  habis , bahkan ada juga WNI  yang terlibat kasus kriminal.

Seluruh WNI  bermasalah ini  kemudian  ditampung di gedung penampungan Pemerintah Kabupaten Nunukan untuk sementara waktu , jika proses pendataan telah usai para WNI tersebut akan di kembalikan ke kampung halaman masing masing dengan menggunakan jalur laut (02-mcb).