Populasi Ternak Sapi Di Sigi Mencapai 30 Ribu Ekor, Berpotensi Jadi Lumbung Ternak

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 27, 2016 11:59

Populasi Ternak Sapi Di Sigi Mencapai 30 Ribu Ekor, Berpotensi Jadi Lumbung Ternak

MediaCerdasBangsa.Com Sigi – (Sulaweis Tengah) – Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Sigi, Moh. Akib, mengemukakan, populasi ternak sapi di Kabupaten Sigi ini mencapai 30 ribu ekor, 18 ribu ekor diantara merupakan sapi betina yang sudah produktif

Dari jumlah betina yang sudah produktif tersebut, sangat mendukung untuk  menambah jumlah populasi yang ada sehingga ini juga berpotensi mendukung salah satu program Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapata, yang berbasis ekonomi kerakyatan dalam 5 tahun kedepan.

” Jumlah populasi ternak sapi kita di Sigi ini mencapai 30 ribu ekor. 18 ribu ekor merupakan betina yang sudah produktif dan jika ini kita kembang biakkan saya rasa bisa mendukung salah satu program ekonomi kerakyatan yang menjadi salah satu program Bupati,” kata Akib saat ditemui di Ruang Kerjanya Rabu pekan kemarin.

Dari hitungan Dia, 18 ribu ekor induk tersebut dapat lebih meningkatkan populasi sapi beberapa kali lipat dalam hitungan 5 tahun.  ” Kalu 18 ribu ekor ini bisa melahirkan 4 kali dalam kurung waktu 5 tahun, maka akan menghasil 72000 ekor/ 5 tahunnya dan dalam usia 18 bulan, anak-anaknya ini bisa bunting lagi, ” tandasnya.

Dikatakannya juga, untuk menggenjot populasi ternak kita kedepan dengan jumlah yang telah ada, salah satunya adalah menggalakkan inseminasi buatan untuk memperpendek jarak kehamilan inseminasi kata Dia, selain untuk memperpendek jarak kelahiran juga akan menghasilkan keturunan-keturunan yang berkualitas.

” Itulah salah satu upaya kita kedepan untuk menggenjot populasi ternak kita. Kalau tadinya ternak kita melahir 18 bulan sekali, maka dengan diinseminasi  buatan jarak kelahirannya bisa lebih cepat dari kelahiran yang normal,” katanya.

Akib menambahkan, untuk mendukung salah satu program bupati ini juga diharapkan ada dukungan dari stikholder lainnya seperti Perbankan, dimana Perbankan ini diharapkan dapat memberi program dukungannya seperti kredit lunak dimana sebelumnya juga telah diprogramkan.

” Kita juga berharap, agar dalam mendukung Sigi jadi lumbung ternak, sebaiknya kita tidak hanya terpaku pada APBD saja kita kuga berharap pada bantuan pemerintah provinsi dan pusat,” tutupnya. (Jhon/ Ardi.J)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 27, 2016 11:59
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.