Prof. Nelson Pomalingo: Setiap Desa Wajib Galakkan Gema Barito

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Maret 8, 2017 01:31

Prof. Nelson Pomalingo: Setiap Desa Wajib Galakkan Gema Barito

 

MCB.Com (Kabupaten Gorontalo) – Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo akan membentuk Tim Penilai Pemanfaatan Pekarangan. Pembentukan Tim ini  dimaksudkan untuk menilai Gerakan Menanam Bawang, Rica, Tomat (Gema Barito), yang telah dicanangkan di Desa Dunggala Kecamatan Tibawa.

Pencanangan itu ditandai dengan penanaman bibit-bibit hortikultura di kebun PKK, Desa Dunggala. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway, Danramil, serta jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) se-Kecamatan Tibawa.

“Dua bulan kedepan gerakan ini kita lakukan penilaian. Maka paling lambat bulan April semua desa sudah menjalankan,” kata Nelson. Ia pun menargetkan stok hortikultura di Kabupaten Gorontalo terpenuhi menghadapi bulan puasa.

IMG-20170306-WA0002

Mantan Rektor UMG ini menilai, program Gema Barito memberi efek terhadap pemenuhan gizi keluarga yang berimbang. Tidak hanya itu, giat tersebut akan bisa menopang ekonomi jika dikelola secara besar-besaran.

Disisi lain kata Nelson, Gorontalo merupakan salah satu daerah yang terletak di wilayah beriklim tropis. Hal ini sangat mendukung sektor pertanian. Oleh sebab itu, seharusnya masyarakat mampu memetik hasil dari sektor pertanian.

Namun Nelson melihat, saat ini masyarakat, terutama para petani yang belum begitu serius menanganinya. Hal ini disebabkan oleh pengelolaan yang kurang optimal. Ia mencontohkan tingginya harga cabai lokal yang ditengarai dipengaruhi minimnya stok ditingkat pasar. “Karenanya gerakan ini wajib kita lakukan diseluruh desa,” tegasnya.

Sebelumnya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway mengatakan, gerakan menanam itu merupakan upaya mewujudkan program nasional yang telah dibahas secara matang melalui rakernas yang ditindak lanjuti penandatanganan MOU antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Daerah. “Karenanya program yang telah dicanangkan itu harus diteruskan oleh ketua-ketua PKK desa dan Dasawisma,” tandas Fory Naway. (MCB.Olu/Humas)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Maret 8, 2017 01:31
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.