Beranda Kalimantan Program KB Bentuk Manusia Berkualitas

Program KB Bentuk Manusia Berkualitas

22

MediaCerdasBangsa.Com Balikpapan – (Kalimantan Timur)  Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana, BKKBN bertekad Mensukseskan program Keluarga Berencana KB ,dalam rangka mewujudkan laju pertumbuhan penduduk Kaltim yang seimbang serta terciptanya keluarga bahagia, sejahtera dan berkualitas.

Ada tiga pilar utama yang harus dijalankan untuk mewujudkan keluarga sejahtera yang berkualitas yakni penyelarasan kebijakan pengendalian penduduk, Revitalisasi program KB dan tersedianya data Serta informasi kependudukan yang memadai dan akurat.

Demikian penuturan kepala perwakilan badan kependudukan dan keluarga berencana, BKKBN Provinsi Kaltim sukaryo Teguh Santoso, dihadapan sejumlah Ibu-ibu para peserta pelayanan KB secara gratis dalam rangka bhakti sosial TNI manunggal kb-kes di Balikpapan tahun 2016, menurut Sukaryo Teguh Santoso kegiatan pelayanan KB secara gratis bagi para ibu-ibu ini dinilai sangat penting dan strategis, karena sejak diberlakukannya otonomi daerah program kb dalam beberapa tahun terakhir kinerjanya kurang optimal.

Sebagai akibat tidak dikelolanya program KB secara baik jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 254 juta, yang berada diurutan keempat terbanyak di dunia setelah cina, india dan Amerika dimana 50 % lebih jumlah penduduk Indonesia ini terdapat di pulau Jawa, namun demikian yang menjadi persoalan utama selain pengendalian laju pertumbuhan penduduk Indonesia, juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusianya agar bangsa kita kedepan menjadi bangsa yang kuat, cerdas, terampil, berakhlak mulia dan berdaya saing tinggi.

Oleh karenanya untuk meningkatkan kinerja program KB guna percepatan pembangunan keluarga bahagia, sejahtera dan berkualitas, pemerintah melalui BKKBN Provinsi Kaltim melakukan berbagai upaya yang salah satunya bekerjasama dengan jajaran TNI diharapkan dengan adanya dukungan dari TNI dalam hal ini kodim 0905 Balikpapan program KB di Kaltim maupun Balikpapan dapat berjalan sukses, sejalan dengan salah satu program nawacita presiden Jokowi yakni pembangunan bangsa yang berkarakter dan berkualitas.

pada kesempatan Yang sama ibu-ibu peserta program kb selain mendapatkan penjelasan tentang Penggunaan alat dan obat kontrasepsi yang cocok sesuai dengan usia peserta, juga langsung memperoleh pelayanan gratis terkait penggunaan IUD, suntik kb dan implan. (teg)