Rakernas Apeksi ke-XII Menghasilkan Rekomendasi Dan Program Kerja Tahun 2018  

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 22, 2017 02:00

Rakernas Apeksi ke-XII Menghasilkan Rekomendasi Dan Program Kerja Tahun 2018  

MCB.Com (Jawa Timur) – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XII dilaksanakan di Hotel Savana Kota Malang, Jawa Timur, berakhir, Kamis (20/7). Rakernas tersebut ditutup langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan menghasilkan beberapa rekomendasi dan program kerja tahun 2018.

Walikota Gorontalo Marten Taha menguraikan beberapa rekomendasi, antara lain: Pertama, Efektivitas APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah). Para kepala daerah diharapkan dapat memperkuat peran APIP dalam mengantisipasi berbagai persoalan di daerah, baik menyangkut masalah pemeriksan, dan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat.

Kedua, penguatan sinergitas pemerintah kota seluruh Indonesia bersama pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar efektiivtas pelaksanaan berbagai program yang dilaksanakan masing-masing daerah berjalan dengan baik. Pengetatan anggaran yang selama ini kata Marten Taha, sangat dirasakan, seperti, pemangkasan DAK, pengurangan DAU dan lain-lain, sehingga efektivitas dan sinergitas makin perlu ditingkatkan.

Ketiga, kerjasama pemerintah dengan badan usaha untuk mengantisipasi berbagai kendala dalam pembiayaan pelaksanaan pembangunan di daerah. Menurut Marten, daerah diharapkan dapat memanfaatkan skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha, baik BUMN maupun BUMD.

Sedangkan penetapan tuan rumah rakernas tahun 2018 kata Marten, ada empat calon yang diputuskan, yakni: Kota Tarakan, Mataram, Padan, dan Palu.  Namun keputusan finalnya akan diputuskan pada Rapat Pleno DPP bersama Komwil-Komwil \bulan September atau oktober.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo ini menguraikan, yang tidak kalah pentingnya adalah kerjasama antara pemeritnah pusat dan daerah, agar makin ditingkatkan dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

Sementara itu Presiden Joko Widodo seperti dikutip Marten Taha dalam pidatonyamengatakan, pemerintah daerah diharapkan mengantisipasi berbagai perubahan, berupa kemajuan teknologi dan informasi yang saat ini sudah semakin pesat.

Presiden Joko Widodo berharap, daerah-daerah  diminta dapat melakukan upaya mengantisipasi perubaan-perubahan yang begitu cepat. Dunia skarang bergerak cepat. Siapa yang lebih cepat, maka dia yang akan menguasai dunia, sehingga diminta daerah-daerah melakukan adaptasi terhadap berbagai perubahan yang terjadi.* (01/02-Bayu-Humas)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 22, 2017 02:00
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.