Beranda D.I Yogyakarta Ratusan Umat Buddha Gelar Ritual Suci Waisak

Ratusan Umat Buddha Gelar Ritual Suci Waisak

67

MediaCerdasBangsa.Com (DIY) DALAM rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2560 TB 2016 ratusan umat buddha menggelar ritual pengambilan air suci di sungai mudal desa jatimulyo girimulyo kulon progo.Prosesi pengambilan air suci diawali Puja Bakti di altar halaman taman sungai mudal dan  Tribuana Manggala Bhakti,dengan melepas burung,dan ikan serta menanam.

Sebelum mengambil air berkah menggunakan kendi,perwakilan sangha melakukan Puja Bakti di altar yang ada di kompleks sungai mudal.Sungai Mudal telah lama menjadi tempat yang disucikan oleh umat Buddha. Umat Buddha menggunakan air sebagai sarana peribadatan agar mendapat berkah membawa kesejukan kesembuhan, ketenteraman  dan keselamatan.

Ratusan umat buddha ini mengambil air suci kemudian dibagikan kepada beberapa vihara yang ada di Kulon Progo.Sementara itu,Tribuana Manggala Bhakti mengandung makna penyelamatan alam ditandai dengan menanam,melepas burung dan melepas bibit ikan.Alam merupakan sumber penghidupan yang harus dirawat dan dilestarikan.Puncak peringatan Waisak  21 Mei 2016 dengan kirab agung. (dh)