Beranda Gorontalo Sensus Penduduk Tahun 2020, BPS Kabgor Siapkan Apliasi Online

Sensus Penduduk Tahun 2020, BPS Kabgor Siapkan Apliasi Online

25

MCB.Com (Limboto) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gorontalo tengah menyiapkan sistem aplikasi onlien dalam rangka melaksanakan sensus penduduk Kabupaten Gorontalo tahun 2020 mendatang.

“Jadi, Kita tidak perlu melakukan pendataan turun dilapangan. Kedepan semua pendataan kita gunakan aplikasi online, lewat Handpone (HP) Android bisa,” Kata Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Husain Duhengo

Kedepan tahun 2020 pendataan sistem digital, jadi masyarakat setelah dihubungi akan mengisi datanya lewat aplikasi.

“Sumber datanya kita mengacu kerjasama  dengan dinas Kabupaten/kota yakni dinas Capil dan BKKBN,” ujar Dia lagi.

Kenapa muaranya di dua dinas itu, mengingat ada terjadi perbedaan anatra data capil, BKKBN  dengan data BPS. “ Sehingga itu acuannya dan mengambil data penduduk disana, kalaupun tidak ada ditinjau, maka akan dilakukan pendataan kembali di masyarakat,” Ujarnya.

Ia juga mengatakan program sensus penduduk tahun 2020 sistem online segera disosialisasikan di masyarkat.

“Saya akan melakukan pertemuan dengan Pak Bupati bersama Pimpinan OPD, camat hingga kades dan lurah guna persiapan sosialisasi nanti,”  Ungkap Husain Duhengo.

Menurut Husain Duhengo, untuk mengantisipasi terjadinya kendala penggunaan aplikasi online dan masyarakat yang tidak punya HP Android, BPS juga mempersiapkan lembar isian pencacahan manual seperti yang dgunakan tahun –tahun sebelumnya.

“semoga dengan cara ini pencacahan akan lebih optimal,” Tutup Husain. (Olu/Humas)