Tim Klarifikasi: Kelurahan Liluwo Mewakili Sulawesi Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 19, 2017 22:53

Tim Klarifikasi: Kelurahan Liluwo Mewakili Sulawesi Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

MCB.COM (Kota Gorontalo) – Tim Klarifikasi dari Kementrian Dalam Negeri RI hari ini, Rabu (19/7) mendatangi Kelurahan Liluwo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo. Mereka berjumlah 5 orang. Prosesi penyambutan berlangsung sangat sederhana di Aula Kantor Kelurahan Liluwo.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ismail Madjid, Pimpinan SKPD, Kapolsek Kota Tengah, Koramil Kota Tengah, dan pimpinan organisasi, serta masyarakat setempat.

Latif—Ketua Tim Klarifikasi mengatakan, Kelurahan Liluwo salah satu dari lima kelurahan yang mewakili Regional 3 (Kalimantan dan Sulawesi) untuk mengikuti lomba kelurahan tingkat nasional. Kelurahan Liluwo adalah wakil dari Sulawesi, sedangkan empat kelurahan lainnya berasal dari Kalimantan.

  

Suasana pertemuan dengan Tim Klarifikasi Kementrian Dalam Negeri di Kelurahan Liluwo

Menurut latif, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, bermaksud mendorong dan memberikan motivasi kepada pemerintah desa maupun kelurahan untuk berlomba dan bersaing secara sportif, positif, serta terintegratif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan terhadap masyarakat.

Dijelaskan, Tim ini akan mengklarifikasi tiga variabel penting, yakni:  Pertama, tentang pemerintahan. Kedua, pelaksanaan pembangunan, dan ketiga, pelayanan terhadap masyarakat.

Latif pun menjelaskan bahwa Tim Klarifikasi tidak sama dengan Tim Penilai, dimana Tim Klarifikasi yang akan mempresentasikan kepada Tim penilai dari hasil klarifikasi di tiap-tiap keluarahan dan desa yang telah dikunjungi. Sedangkan Tim Penilai yang dibentuk oleh Kementrian Dalam Negeri tidak akan turun ke desa dan kelurahan. Tim Penilai cukup mendengarkan presentasi yang disampaikan oleh Tim Klarifikasi.

Lurah Liluwo Rina Abdullah saat memberikan pemaparan pada saat pertemuan dengan Tim Klarifikasi

“Kami mengucapkan selamat kepada Kelurahan Liluwo atas capaian ini. Sebelumnya Kelurahan Liluwo telah berhasil melewati tahap administrasi, sekarang sudah tahap klarifikasi. Kami pun mengucapkan terima kasih atas acara sambutannya,” tandas Latif.

Lurah Liluwo Rina Abdullah berharap, dengan adanya lomba kelurahan ini, bisa menjadi motivasi bagi  aparat kelurahan untuk bekerja lebih baik lagi.* (01/02-Bayu)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 19, 2017 22:53
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.