Warga Desa Toto Utara Sembilan Orang Positif Terkena Antrax

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa November 29, 2017 01:20

Warga Desa Toto Utara Sembilan Orang Positif Terkena Antrax

MCB.Com (Bone Bolango) – Kasus antrax kembali  ditemukan, kali ini terjadi di wilayah Kabupaten Bone Bolango. Virus yang bersumber dari ternak sapi tersebut, kini menyerang sejumlah warga di Desa Toto Utara, Kecamatan Tilongkabila.

Kepala Puskesmas Kecamatan Tilongkabila, Roly Hunta menjelaskan, sesuai data, terdapat sembilan orang dilaporkan tertular antrax lantaran usai mengkonsumsi daging sapi.

Menurut Roly Hunta, para korban mengalami gejala seperti munculnya bintik-bintik kecil dan berair di bagian permukaan kulit. Kemudian lama kelamaan bintik tersebut membesar dan menghasilkan luka. Sebagian korban antrax ini akhirnya mendatangi dokter  untuk diperiksa.

Gejala antrax.

Untuk mencegah menyebarnya virus antrax kata Roly, petugas dari Puskesmas Tilongkabila telah melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan dan Dinas Kesehatan guna dilakukan pemberian vaksin.

“Kalau kita melihat tanda-tandanya, itu spesifik antrax. Karena dari riwayatnya, selalu kontak dengan hewan ternak, kemudian dilihat dari lukanya yang sudah ada. Cuma yang jadi masalah, kita tidak bisa menentukan karena tidak ada pemeriksaan laboratorium,” ungkap Roly Hunta

Roly Hunta meminta warga desa yang terindikasi mengalami gejala antrax   agar segera mendatangi puskesmas, sehingga upaya penanganan bisa dilakukan lebih cepat. Jika penanganan medis terlambat dilakukan, dapat menimbulkan bahaya.* (01/03)

 

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa November 29, 2017 01:20
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.