Beranda Gorontalo Amankan PT. Freeport Indonesia, 100 Personil Brimob Polda Gorontalo Berangkat ke Papua

Amankan PT. Freeport Indonesia, 100 Personil Brimob Polda Gorontalo Berangkat ke Papua

9

MCB.Com (Gorontalo) – 100 Personil Brimob Polda Gorontalo yang tergabung dalam Satgas Amole, di berangkatkan ke Papua. Upacara penglepasan tersebut digelar di Bandara Lam Djalaludin Gorontalo yang dipimpin langsung Kapolda Gorontalo, Brigadir Jendral Polisi Rachmad Fudail.

Kapolda Gorontalo, Brigadir Jendral Polisi Rachmad Fudail mengatakan, Satgas Amole merupakan satuan tugas yang disiapkan dalam rangka pengamanan obyek vital nasional di PT. Freeport Indonesia, Papua.

Rachmad Fudail menguraikan, situasi kamtibmas di wilayah Papua sangat rentan terjadi konflik bersenjata yang dilakukan kelompok-kelompok yang  ingin memisahkan diri  dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karenanya, penempatan satgas ke daerah tersebut sangat diperlukan untuk membantu pengamanan.

“Mereka sebelum berangkat sudah kita latih selama sepuluh hari perang hutan. Untuk kesiapan mereka sudah siap dan anggota sudah biasa menjalankan tugas-tugas PKO ke wilayah lain,” ujar Rachmad Fudail.

Sebelumnya, Kasat  Brimob Polda Gorontalo, AKBP Yudo Nugroho menjelaskan,  Personil Brimob yang tergabung dalam  Satgas Amole akan  melaksanakan tugas pengamanan di Free Port  selama empat bulan.(01/03)