Beranda Gorontalo Basarnas Kantor SAR Gorontalo Gelar Simulasi Tanggap Darurat Bencana

Basarnas Kantor SAR Gorontalo Gelar Simulasi Tanggap Darurat Bencana

39

MCB.Com (Gorontalo) – Guna mengantisipasi bencana yang bisa terjadi kapan saja, Basarnas Kantor SAR Gorontalo   menggelar simulasi bencana atau latihan search and rescue. Simulasi ini merupakan bentuk kesiapan basarnas kantor SAR Gorontalo  dalam menghadapi tanggap darurat bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu di daerah ini.

Penanggung jawab simulasi latihan, Saktianto menguraikan, simulasi ini juga  dilakukan untuk mendidik dan melatih anggota di lapangan, agar saat kejadian, seluruh petugas SAR Gorontalo telah siap bertindak melakukan pertolongan dan tidak kebingungan.

Salah satunya mengantisipasi jika bencana terjadi di Gorontalo dari atas ketinggian.  Karena itu pihaknya  melakukan simulasi, cara-cara menolong korban sesuai dengan prosedur. Menurut Saktianto kegatan ini juga sekaligus persiapan  atraksi menjelang hari ulang tahun Basarnas 28 Februari mendatang.

“Kami lakukan kegiatan dalam rangka hari ulang tahun Basarnas yang kita adakan pada tanggal 28 Februari. Demo ini menggambarkan bahwa kejadian kebakaran, kemudian kita mengefakuaisi korban dari atas ke bawah,” ujar Sukianto.

Pelatihan atau simulasi tanggap darurat bencana tersebut akan dilakukan secara simultan, sehingga pelatihan tidak hanya diberikan sekali, tapi akan terus dilaksanakan, sehingga jika ada kekurangan dapat disempurnakan.* (01/03)