Beranda Gorontalo Gorontalo Masuk Target Eliminasi Kusta

Gorontalo Masuk Target Eliminasi Kusta

12

MCB.Com (Gorontalo) – Selain Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara, Gorontalo termasuk dalam salah satu daftar provinsi  yang menjadi  target eliminasi kusta. Di Gorontalo sendiri, salah satu kabupaten yang masuk dalam  program eliminasi kusta adalah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol).

Kepala Dinas Kesehatan Bonebol, Meyrin Kadir menguraikan, program eliminasi kusta sudah dimulai dengan menurunkan petugas di sekolah-sekolah untuk mendeteksi anak-anak yang mengalami gejala kusta.

Dikhawatirkan, ada anak yang terjangkit kusta dari orang tuanya. Meski demikian, dari deteksi sementara, belum ditemukan anak yang terjangkit penyakit menular tersebut.

“Sekarang kita punya program pelacakan deteksi dini untuk kusta sendiri, tim kami sudah turun ke sekolah-sekolah untuk mendeteksi anak-anak SD, SMP, SMA. Karena biasanya pasien-pasien yang datang ke rumah sakit itu sudah dalam stadiun lanjut sehingga penanganannya terlambat. Maka dari itu kita membuat program deteksi awal,” ujar Meyrin Kadir.

Meyrin Kadir menyebutkan, sudah 30 kasus lama yang tertangani. Namun sampai saat ini belum ditemukan kasus baru kusta. Untuk pencegahan, Dinas Kesehatan  pun mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan.* (01/03)