Beranda Sulawesi Buat Kebun Percontohan, Balai Penyuluhan PertanianTorut Bonceng Bhabinkamtibmas

Buat Kebun Percontohan, Balai Penyuluhan PertanianTorut Bonceng Bhabinkamtibmas

15

MCB.Com (Torut)  – Kepala balai penyuluhan pertanian Kecamatan Sopai Biruanda bersama Personil Polres Tana Toraja, Bhabinkamtibmas Polsek Sopai Brigadir Polisi Syah Nurhaq membuat kebun percontohan didaerah ini  Minggu (16/6)

Kebun Percontohan itu  sebagai pengembangbiakan bibit unggul tanaman tomat dan kacang panjang yang didapat dari Balai penyuluhan pertanian kecamatan  Sopai kabupaten Toraja Utara

Lahan yang di jadikan sebagai lokasi kebun percontohan itu berada di depan kantor Polsek Sopai Polres Tana Toraja tepatnya di lingkungan Mellena kelurahan Nonongan Kecamatan  Sopai Kabupaten Toraja utara.

Pembuatan kebun percontohan pengembang biakan bibit unggul tanaman tomat juga memanfaatkan sebagian lahan dari salah seorang warga.

Sikap terpuji itu juga mendapat dukungan  oleh keluarga besar Lande yang telah mengikhlaskan lahannya digunakan sebagai lokasi kebun percontohan.

“Awalnya tanah itu cuma dimanfaatkan pemiliknya untuk tanam sayur ternak babi saja,  namun dari balai penyuluhan pertanian yang berkerjasama dengan Bhabin Kamtibmas meminjam setengahnya untuk dijadikan kebun percontohan, dan hasilnya dapat kita lihat bersama,  lokasi ini sudah di tanami dengan bibit unggul tanaman tomat dan bibit kacang panjang”. Ungkap Syah Nurhaq.

Terobosan Balai Penyuluh Pertanian Kec. Sopai bersama Bhabinkamtibmas Syah Nurhaq disambut antusias oleh warga Sopai,  warga binaan Bhabinkamtibmas pun  ikut  bercocok tanam buah tomat.

Mengutip penjelasan dari Balai Penyuluhan Pertanian, Syah Nurhaq mengatakan, selain memanfaatkan pupuk kompos yang diambil dari sisa tanaman yang membusuk, palstik Mulsak juga yang diletakkan pada permukaan bedengan tanah yang bertujuan untuk mengurangi tumbuh-tumbuhan liar dan juga berfungsi memberikan pantulan sinar matahari kepada hama yang hendak menyerang tanaman sehingga, pada masa pertumbuhan tanaman tersebut, terhindar dari serangan hama dan tumbuh-tumbuhan liar.

Masyarakat disekitar kebun percontohan tersebut menyambut baik giat yg dilakukan oleh Bhabinkamtibmas yang bekerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian kec. Sopai

“Semoga kebun percontohan ini menjadi contoh yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat kita untuk memanfaatkan lahan yang kosong menjadi lahan yang produktif.” Harap Syah NurHaq.

Menanggapi kinerja dari personilnya, Kapolsek Sopai IPTU Daud Masangka, SH memberikan apresiasi untuk Brigadir Syah Nurhaq bersama Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sopai. (IMO – Sulsel)