Beranda Gorontalo Dinas Kesehatan Minta Masyarakat Lakukan Pencegahan Penyakit DBD

Dinas Kesehatan Minta Masyarakat Lakukan Pencegahan Penyakit DBD

1

MCB.Com (Gorontalo) – Penyakit  DBD merupakan jenis penyakit yang bisa membuat suhu tubuh penderita menjadi sangat  tinggi dan pada umumnya disertai sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot dan tulang.

Penyakit  berbasis lingkungan ini disebabkan virus dengue yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Sesuai data yang dihimpun Kementerian Kesehatan, indonesia merupakan negara nomor satu di asia tenggara kasus penyakit DBD.

Di Kabupaten Gorontalo sendiri, DBD merupakan penyakit endemis yang setiap tahun terjadi dan pernah beberapa kali menimbulkan korban jiwa. Bahkan baru-baru ini dilaporkan, salah seorang bocah enam tahun, warga Kecamatan Limboto meninggal dunia akibat DBD. Korban sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit MM.Dunda Limboto, namun akhirnya meninggal dunia.

Terkait hal ini, jajaran dinas kesehatan pun meminta masyarakat melakukan langkah pencegahan dengan membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik nyamuk mati. Kemudian  menyingkirkan barang bekas yang bisa menampung air di sekitar rumah. Jika perlu, masyarakat melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan.* (01/03)