Asuransi Usaha Tani di Gorontalo Kurang Diminati

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Januari 26, 2018 21:13

Asuransi Usaha Tani di Gorontalo Kurang Diminati

MCB.Com (Gorontalo) – Data pada Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo terungkap, dari jumlah 20 ribu hektare target yang ditetapkan Kementerian Pertanian Republik Indonesia tahun 2017, jumlah petani  di daerah ini  yang ikut asuransi tani kurang diminati.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljadi Mario mengungkapkan, kendala kurangnya peminat asuransi tani disebabkan sebagian petani mengeluhkan ketentuan yang diatur dimana petani baru bisa mendapatkan ganti rugi jika lahan sawah rusak sebanyak 75 persen.

“Nah, angka 75 persen ini kalau menurut petani terlalu tinggi targetnya, sehingga banyak yang enggan untuk ikut. Kami upayakan berbagai cara selain melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat. Kita juga mencoba melakukan kiat–kiat, misalnya menjalin mereka dalam pertemuan–pertemuan langsung. Kita masukan kedalam asuransi dan seterusnya,” ujar Muljadi.

Untuk tahun 2018 kata Muljadi, Kementerian Pertanian Republik Indonesia tidak menetapkan target yang harus dicapai pemerintah daerah, baik untuk asuransi usaha tani maupun asuransi ternak.

Meski demikian, Pemerintah Provinsi Gorontalo tetap memaksimalkan upaya untuk mendorong petani dan peternak memanfaatkan asuransi yang diberikan, dimana pemda memberikan subsidi sehingga jumlah premi yang ditanggung lebih ringan dan tidak membebani masyarakat.* (01/03)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Januari 26, 2018 21:13
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.