Beranda Gorontalo Dukung Pembangunan Di Kabupaten Gorontalo, Kejaksaan Dan Polri Launching Jaksa Dan Polis...

Dukung Pembangunan Di Kabupaten Gorontalo, Kejaksaan Dan Polri Launching Jaksa Dan Polis Sahabat Abang Bentor

13

MCB.Com (Gorontalo) – Dalam rangka mendukung pembangunan di Kabupaten Gorontalo dan sebagai salah satu metode para penegak hukum ada kedekatan dan hubungan emosional dengan masyarakat, Kejaksaan negeri limboto dan unsur kepeolisan Polres Gorontalo melakukan launchuing jaksa dan polisi sahabat abang bentor.

Launching dialksanakan disela- sela pelaksanaan buka puasa bersama di lapangan indor  rumah dinas Bupati Gorontalo Minggu, (26/05).

Kepala kejaksaan negeri Dr. Supriyanto mengatakan, berbagai inonasi dilakukan untuk mendekatkan diri antara kejaksaan dengan masyarakat Kabupaten Gorontalo, antara lain jaksa sahabat guru, jaksa sayang anak, jaksa masuk desa, jaksa masuk masjid dan hari jaksa dan polisi sahabat abang bentor.kemudian rencana juga ada jaksa sahabat nelayan, jaksa sahabat pedagang dan masyarakat apapun akan dimasuki.

“ Ini merupakan metode kami mendekatkan diri dengan masyarakat Kabupaten Gorontalo agar mereka tidak mersa taku kepada pihak penergak hukum, “ Ucap Supriyanto.

Supriyanto menjelaskan, hal ini dilakukan agar kedekatan sosialogi., “ kalau saya dekat dengan masyarakat akan mudah memberikan pencerahan, mudah memberikan informasi dan arahan –arahan hukum segingga mereka tidak terjerat dengan hukum,” Jelasnya

Ia mengatakan, terkait jaksa dan polisi abang bentor, ada dua dasarnya yakni pertama, di Gorontalo ini populasi bentor makin hari maij bertambah jumlahnya. Bentor ini agar dikelola dengan baik supaya mereka arahnya jelas.

“bisa mendukung pembangunan,dan tidak mengganggu ketertiban lalu lintas. Intinya mereka patuh lalu lintas. Maka ini akan dikeola sama-sama antara pemerintah daerah, kejaksaan dan kepolisian,” kata supriyanto.

Kedua, ada beberapa teman-teman abang bentor itu sering berhadapan dengan hukum, atau terjerat maslaah hukum pidana. Ini, harus cari masalah hulunya, tidak hanya memproses dan melakukan pidana kepada mereka, tapi permasalahnnya apa

“Nah, untuk mengetahui maslaah itu, kita harus masuk didalamnya dan setelah masuk kita dari hati ke hati untuk berbicara dan kemudian memberikan arahan –arahan untuk tidak melanggar ketentuan-ketantuan yang ada,” Tukas Supriyanto.

Terkahir adalah, Kami ini menghapus imeds masyarakat takut jaksa, tidak hanya birokrasi, akademisi dan masyarakat umum pun digerakan dan berbondong- bondong bersahabat dengan jaksa

“Kami akan membuka ruang dengan siapapun dan kalau sudah dekat akan mempermudah tugas kami, dan tugas kami membantu Pak Bupati, dan kalau saya lancar, insa Allah pak Bupati Lancar, “ Ungkapnya

Dibagian lain Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menaruh apresiasinya atas inovasi dan program yang selama ini dicettsukan pihak jaksa dalam rangka mendukung pembangunan di Kabupaten Gorontalo.

“Saya kira ini inovasi yang baik, kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah ,kejaksaaan dan juga kepolisian,” Ungkap Nelson.

Nelson yang juga sebagai dewan penasehat abang bentor itu menyampaikan, bahwa abang bentor ini sangat potensial karena modal trasportasi terbanyak di Kabupaten Gorontalo bahkan provinsi Gorontalo.

Oleh karena itu, mereka harus dilayani dengan baik. Salah satunya sim- nya, pembinaan aturan kemudian meningkatkan tertibnya lalu lintas dan sebagainya.

“abang bentor jangan hanya dipandang abang bentornya,tapi juga terkait dengan keluargnya dan sebagainya. Untuk itu, saya selaku dewan penasehat abang bentor, kita tidak hanya memikirkan kepemilkan SIM mereka tapi juga memikirkan kepemilikan rumah dan tanah,” Kata Nelson.

“minimla, bagi abang bentor yang sudah berkeluarga tapi belum mempunyai rumah dan tahun ini kita telah memikirkan 1500 unit rumah bagi komunitas dan salah satunya komunitas abang bentor,” Sambungya.

Nelson juga menyampaikan minimal mereka sudah punya wadahnya. Mereka hari ini sudah ada koperasi, dn komunitas ini mempermudah pemerintah daerah untuk memberikan bantuan. (Olu/Humas)