Gitar Ukir Karya Anak Bangsa Digunakan Musisi Ternama Dunia

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa September 1, 2017 23:39

Gitar Ukir Karya Anak Bangsa Digunakan Musisi Ternama Dunia

Gitar ukir karya anak bangsa I Wayan Tuges dari Desa Guwang Sukawati Gianyar Bali,  tidak saja memiliki kualitas suara yang patut dibanggakan,  namun gitar hasil karyanya memiliki nilai seni yang tinggi dan banyak digunakan oleh para musisi ternama dunia.

MCB.Com (Bali) – Melalui brand gitar “Blueberry”,   I Wayan Tuges menciptakan berbagai jenis gitar ukir di studio pahatnya yang berada di Desa Guwang, Sukawati Gianyar, Bali. Gitar  dengan detail pahatan yang berkualitas ini dibuat secara handmade oleh I Wayan Tuges beserta dua puluh seniman ukir yang dipekerjakannya.

Waktu pengerjaan satu unit gitar ukir ini, dibutuhkan sekitar dua hingga tiga bulan.   Harga yang ditawarkanpun dari kisaran 4 ribu dolar Amerika hingga puluhan ribu dolar Amerika atau setara dengan 50 jutaaan hingga ratusan juta rupiah.

I Wayan Tuges.

I wayan Tuges mengungkapkan, koleksi gitarnya telah dipasarkan dan dipesan oleh sejumlah musisi ternama dunia seperti dari Belanda, Australia, Finlandia, Amerika, dan Kanada. Tidak hanya musisi ternama dunia, koleksi gitarnya juga telah dimiliki oleh sejumlah musisi ternama tanah air seperti Iwan Fals, Dewa Budjana.

Sekitar 12 tahun yang lalu, I wayan Tuges kedatangan seorang tamu asal Kanada. Dia membawa gitar. Gitar tersebut menjadi salah satu favorit di Denpasar. Dan dia sangat yakin, bahwa I wayan Tuges bisa membuat gitar plus ada ukirannya. Akhirnya beberapa bulan I wayan Tuges mencoba membuatnya. Jadilah gitar itu.

“Tapi hanya tampilan gitarnya, suaranya ga ada. Akhirnya setelah itu, saya berguru sama seorang guru dari Amerika, yang sudah menggeluti dalam pembuatan gitar selama 30 tahun. Dia datang ke Bali dan saya belajar selama 2 tahun. Setelah itu terciptalah gitar yang terjual untuk market Internasioanal,” kisah I Wayan Teges.

Salah satu hasil karyanya, yakni instrumen baru dan satu satunya di dunia, GiharpuleleGiharpulele merupakan media yang di dalamnya terdapat 5 jenis instrumen, antara lain adalah gitar melodi, harpa, ukulele, kalimba, dan washboard. Giharpulele ini sendiri merupakan produk pesanan dari salah satu musisi ternama asal Kanada.* (01/03)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa September 1, 2017 23:39
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.