Beranda Gorontalo Harga Cabai Rawit Melonjak Hingga 60 Ribu

Harga Cabai Rawit Melonjak Hingga 60 Ribu

3

MCB.Com (Gorontalo) – Gejolak harga rempah rempah dipasaran kembali terjadi. Kali ini, komoditi rempah cabai rawit yang melonjak dikisaran harga 50 ribu hingga 60 ribu perkilogram.

Menurut pedagang, kenaikan harga rempah dengan rasa pedas ini sudah berlangsung sejak bulan Januari 2018 lalu. Pasalnya, terjadi perubahan cuaca yang tergolong ekstrim dari musim kemarau ke musim penghujan.

Kadar air berlebih dalam cabai rawit membuat sebagian cabai cepat membusuk dan mengakibatkan kekurangan stok ditingkat petani. Pedagang juga mengaku terpaksa menjual cabai rawit dengan harga tinggi, karena pembelian cabai rawit dari petani juga naik.

Selain cabai rawit, kenaikan harga juga terjadi pada tomat dan rempah bawang merah. Tomat mencapai 10 ribu perkilogram, bawang merah 35 ribu perkilogram. Kenaikan harga rempah rempah dipasaran ini menuai keluhan dari konsumen.

Mereka berharap, pemerintah dan dinas terkait melakukan upaya untuk menekan harga jual rempah dan kebutuhan pokok yang dikhawatirkan terus melonjak hingga dibulan puasa nanti.* (01/03)