KPK Dan Pemerintah Kota Gorontalo Selenggarakan Bimtek e-Filing LHKPN

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 20, 2017 22:49

KPK Dan Pemerintah Kota Gorontalo Selenggarakan Bimtek e-Filing LHKPN

MCB.COM (Kota Gorontalo) – Pemerintah Kota Gorontalo menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Filing Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan sosialisasi pengendalian gratifikasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Acara Bimtek ini dibuka langsung Sekretaris Daerah Ismail Madjid yang mengambil tempat di Gedung Bandhayo Lo Yiladia—Rudis Walikota, Kamis (20/7). Tampak hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Gorontalo Fedriyanto Konio, Dandim 1304 Gorontalo, Pimpinan SKPD, serta para Auditor.

Deputi Pencegahan KPK  Andi Purwana menjelaskan, salah satu pencegahan korupsi yang dilakukan oleh KPK terdiri atas 2 point, yakni: Pertama, kepatuhan pelaporan LHKPN.  Kedua, pengendalian gratifikasi. Untuk pelaporan LHKPN, KPK saat ini sudah mempunya sistem aplikasi e-Filing LHKPN.

“Kemarin orang melapor LHKPN harus mengetik dengan kertas yang banyak.  Namun dengan aplikasi e-Filing LHKPN, tinggal melapor secara online saja. Tentunya lebih simple, lebih gampang, dan mengurangi kesusahan kepada orang yang mengisi LHKPN itu sendiri,” urainya.

Menurut Andi Purwana, gratifikasi merupakan korupsi kecil yang banyak terjadi pada pelayanan publik. Saat ini kata Andi Purwana, Pemerintah Kota Gorontalo telah memiliki aturan terkait pengendalian gratifikasi dan  Unit Pengendalian Gratifikasi, namun tinggal cara mengimplementasikannya.

“Kita mendorong agar pengendalian gratifikasi serta LHKPN ini dapat dilanjutkan, sehingga pencegahan korupsi di Kota Gorontalo ini bisa maksimal,” tandasnya.* (01/02-Bayu)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 20, 2017 22:49
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.