Beranda Opini “MATA (Marten Taha) dan Masa Depan MATA (Masyarakat Kota) Gorontalo”  

“MATA (Marten Taha) dan Masa Depan MATA (Masyarakat Kota) Gorontalo”  

19

Penulis: Zulkifli Hasan

Mahasiswa Pasca Sarjana UNG

Hampir 4 tahun Marten Taha menakodai Kota Gorontalo. Selama itu pula ribuan kritikan serta celaan terus diterimannya. Kritikan yang sering datang kepada dirinya secara bertubi tubi, ternyata dijadikan Marten Taha sebagai suplemen untuk terus bermotivasi menata Kota Gorontalo. Akibatnya torehan preatasi pun diraihnya karena kordinasi serta kerja sama yang baik antara dirinya (MT) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Prestasi tersebut diantaranya, Kota Gorontalo sudah tiga kali mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Prestasi ini adalah suatu bentuk bahwa Kota Gorontalo dalam pengelolaan keuangan serta administrasi daerah sudah sangatlah baik.

Selanjutnya, sudah tiga kali pula Kota gorobtalo meraih anugerah Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup RI. Berarti Kota Gorobtalo dalam menjaga kebersihan lingkungan sudah sangatlah baik. Penghargaan lainya adalah Setya Lencana Karya Praja Nugraha adalah penghargaan tertinghi dari presiden RI untuk kepala daerah berprestasi.

Disisi lain program unggulan Marten Taha, yakni gratis lahir sampai mati yang merupakan angin segar buat masyarakat Kota Gorontalo. Betapa tidak, dahulunya masyarakat miskin kota sangat sulit mendapatkan pelayanan kesehatan, namun sekarang tidak lagi bahkan dilayani sampai tuntas.

Dibidang pendidikan. Program ini pula sangat diapresiasi oleh masyarakat Kota Gorontalo, sebab dahulunya anak-anak sulit untuk menenmpu pendidikan yang layak, karena persoalan biaya sekarang tidak lagi. Semua biaya digratiskan oleh pemerintahan Marten Taha.

Bahkan jika ditemukan anak usia sekolah, namun tidak bersekolah, maka akan diberikan perehaban agar anak tersebut harus ikut wajib pendidikan 9 tahun. Selaian itu, saat ini di Kota Gorobtalo untuk pengurusan KTP, AKTA nikah, Kartu Keluarga (KK), serta Surat Izin Usaha—semuanya gratis.

Keberadaan kepemimpinan Marten Taha merupakan spirit bagi masyarakat Kota Gorontalo untuk menuju kesejatraan.

SEHINGGA HANYA ADA SATU KATA : LANJUTKAN….!!!!!