Memasuki Hari ke Delapan Banjir Kiriman di Desa Lariang Kian Meluas

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 24, 2016 17:34

Memasuki Hari ke Delapan Banjir Kiriman di Desa Lariang Kian Meluas

MediaCerdasBangsa.Com (SULBAR—Pasangkayu) SEJAK jumat pekan lalu banjir luapan sungai lariang tak juga kunjung surut, sementara saat ini banjir kian meluas hingga merendam sembilan dusun di desa lariang kecamatan tikke raya kabupaten mamuju utara (Matra) Provinsi Sulawes Barat (Sulbar) dengan ketinggian air satu meter. akibatnya ratusan rumah warga terendam banjir dan sejumlah harta benda milik warga juga ikut terendam banjir.

Hingga hari kedelapan banjir luapan sungai lariang akibat jebolnya tanggul milik sebuah perusahan sawit kian meluas, banjir tak hanya merendam ratusan rumah warga banjir kini mulai merendam sejumlah fasilitas umum diantaranya empat gedung sekolah dasar saat dan bahkan jalan – jalan utama desa juga ikut terendam banjir.

Walau sudah dilanda banjir selama delapan hari, warga desa lariang sebanyak sembilan dusun 577 kepala keluarga dan 2875 jiwa rumahnya terendam banjir namun hingga kini warga memilih bertahan di rumah masing – masing dan enggan mengungsi dengan alasan banjir yang terjadi saat ini adalah banjir musiman yang setiap tahun terjadi.

Sementara desa lariang yang dilanda banjir hingga menginjak hari kedelapan namun hujan tidak pernah terun di daerah tersebut, namun banjir kian meluas akibat intensitas hujan di hulu sungai yang terletak di wilayah kabupaten poso sulawesi tengah (sulteng) sehingga air sungai lariang meluap.

Alimuddin Warga dusun kalukumbeo. mengatakan, menginjak hari kelima rumah “saya terendam banjir setinggi 70 centimeter namun dia dan keluarganya enggan mengungsi, Alimuddin  berharap pemerintah cepat turun tangan memperbaiki tanggul yang jebol hingga luapan sungai tidak lagi merendam rumah warga.

Andi firdaus. kepala desa lariang. mengatakan, banjir kian meluas, kini ada sembilan dusun yang di tinggali sebanyak 577 kepala keluarga dan 2875 jiwa terendam banjir, bahkan sudah ada empat sekolah dasar yang terendam banjir, namun hingga kini belum ada warga yang mengungsi hanya ada beberapa warga yang mulai terserang penyakit gatal. Terangnya  saat di temui dilokasi banjir. (joni)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 24, 2016 17:34
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.