Mudah Bayar Pajak Melalui  Sistem E-Pajak, Pemda Kota dan BNI Jalin Kerja Sama

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juni 16, 2017 01:15

Mudah Bayar Pajak Melalui  Sistem E-Pajak, Pemda Kota dan BNI Jalin Kerja Sama

MCB.Com (Kota Gorontalo) – Pemerintah Kota Gorontalo memberikan apresiasi kepada BNI yang telah  menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, khususnya dalam pembayaran pajak secara online (Sistem E-Pajak). Hal ini merupakan model dan upaya pemerintah kota agar dapat meningkat sisi kuantitas perolehan pajak mapun dari sisi kualitas pelayanannya.

Walikota Gorontalo Marten Taha mengatakan, melalui kerja sama sistem E-Pajak dengan BNI Cabang Gorontalo, dapat memacu  perolehan pajak di Kota Gorontalo. Kerjasama ini sangat membantu dan memudahkan para wajib pajak maupun para aparat di bidang keuangan daerah untuk  melakukan kewajibannya dan pengelolaan  pajak dan retribusi untuk peningkatan pendapatan asli daerah.

Menurut Marten, tahun 2017 pemerintah kota menargetkan  penerimaan pendapatan daerah—khusus  untuk PAD sebesar 206 M lebih dari total APBD Kota Gorontalo yang hampir 1 Triliun.  Tahun 2016, Kota Gorontalo bisa mencapai  1 Triliun lebih, belum termasuk APBD perubahan.

Tahun 2016 APBD Kota Gorontalo kata Marten, ditutup pada angka 1 Triliun 33 Milyar lebih, dengan tingkat Pendapatan Asli Daerah (PAD), hampir 200 M. Saat ini  pemerintah kota berupaya terus menerus untuk melakukan  langkah-langkah strategis dalam rangka melakukan pemungutan pajak  secara online melalui kerjasama dengan Bank BNI 46 cabang Gorontalo.

Dikatakan, dengan sistem E-Pajak ini akan meningkatkan akuntabilitas pengelolaan PAD yang makin lebih transparan. Para wajib pajak tidak ragu membayar pajaknya, karena sudah masuk ke kas daerah secara online—tidak masuk ke kantong para pemungut.

“Jika menggunakan sistem manual,  face to face, itu rawan dengan kecurangan.  Bisa ada yang masuk ke kantong, bisa ada yang menguap. Tapi kalau secara online, tidak ada lagi tatap muka antara wajib pajak dan para pemungut pajak atau badan keuangan. Sehingga hal ini bisa meyakinkan para wajib pajak bahwa pajak yang di setorkan pasti masuk ke kas daerah,” ungkap Marten.* (01/02-Humas)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juni 16, 2017 01:15
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.