Nikah Diusia Muda Marak Terjadi di Gorontalo

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Maret 31, 2018 02:14

Nikah Diusia Muda Marak Terjadi di Gorontalo

MCB.Com (Gorontalo) – Selain perkara gugat cerai, Pengadilan Agama Gorontalo juga menangani perkara lain, seperti kasus dispensasi nikah atau memberikan ijin nikah  secara hukum  terhadap pasangan di bawah umur.

Hakim Pengadilan Agama Gorontalo, Tony Asram menjelaskan, kasus seperti itu marak terjadi diusia termuda—berkisar 13 tahun. Ia mengaku prihatin dengan maraknya nikah di bawah umur. Pihaknya terpaksa harus mengabulkan permohonan keluarga pemohon karena kondisi.

Jika tidak dikabulkan permohonan keluarga kata Tony, dikhawatirkan anak yang lahir nanti akan bermasalah di masa depannya. Untuk mengatasi persoalan tersebut, Hakim Pengadilan Agama ini menilai perlunya pendidikan  dan penanaman  moral Agama sejak usia dini.

“Jadi jalan keluarnya bagaimana? Nah, jalan keluarnya itu bukan dari sisi yuridis, akan tetapi dari sisi pendidikan. Tingkat angka perceraian juga bagaimana, yaitu tingkat pendidikan. Saya lebih mengutamakan pendidikan, karena kalau orang berpendidikan, akalnya ada metode-metode yang dia bisa dicari jalan keluar dalam perceraian itu agar tidak terjadi,” ujar Tony.

Hakim sekaligus dosen disalah satu perguruan tinggi swasta ini berharap, tokoh Agama menyelipkan  pembinaan moral Agama saat  momen  tertentu, seperti dalam tausiyah di Masjid maupun momen lain yang dihadiri banyak orang.(01/03)

 

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Maret 31, 2018 02:14
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.