Nur Albar: Masyarakat Pilar Utama Tindakan Pencegahan Penyakit

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa November 7, 2017 01:51

Nur Albar: Masyarakat Pilar Utama Tindakan Pencegahan Penyakit

MCB.Com (Kota Gorontalo) – Pencanangan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 berlangsung di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Gorontalo. Pencanangan HKN ini diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan deviley yang diikuti oleh Puskesmas se-Kota Gorontalo  dan jajaran rumah sakit di wilayah Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Nur Albar dalam sambutannya mengutarakan, Hari Kesehatan Nasional ke-53 kali ini mengambil tema, “Indonesia Kuat, Masyarakat Sehat”. Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Nur Albar berharap, masyarakat menjadi pilar utama dalam tindakan pencegahan penyakit.

Nur Albar menilai, menjaga serta mencegah penularan penyakit berbahaya tidak semata menjadi tanggung jawab para petugas dinas kesehatan, rumah saki,t  dan puskesmas, tetapi seluruh elemen masyarakat yang dimulai dari diri sendiri, dan berlanjut pada lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal disekitar.

“Germas merupakan kegiatan yang sistematis, terencana, dilakukan bersama-sama oleh organisasi perangkat daerah lainnya. Untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam meningkatkan gaya hidup sehat,” jelas Nur Albar

Walikota Gorontalo, Marten Taha.

Sementara itu Walikota Gorontalo Marten Taha dalam sambutannya menyampaikan, gerakan masyarakat hidup sehat menjadi Instruksi Presiden nomor 1 Tahun 2017. Inpres tersebut mengamanatkan tentang Germas atau gerakan masyarakat hidup sehat perlu disosialisasikan dan ditingkatkan diberbagai sektor kehidupan.

Menurut Marten Taha, Pemerintah Kota Gorontalo  menyambut baik gerakan masyarakat hidup sehat, mengingat kegitan tersebut sejalan dengan visi pemerintah provinsi dan pemerintah kota yang saat ini dijalankan.

“Terdapat beberapa langkah strategis untuk keberhasilan pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat, antara lain; penyusunan regulasi yang mendukung Germas, mengintegrasikan kegiatan lintas program dan lintas perangkat daerah dalam lingkungan masyarakat, meningkatkan upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Marten Taha.

Dalam pencanangan hari Kesehatan Nasional HKN ke-53 tahun 2017, selain pelaksanaan senam bersama dan deviley,  juga disemarakkan kegiatan lomba memasak nasi goreng, lomba cipta menu beragam yang lezat dan sehat, serta aksi sosial donor darah.* (01/03)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa November 7, 2017 01:51
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.