Parah…! Hasil Audit BPK Kinerja Dukcapil Buruk

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa November 8, 2017 01:10

Parah…! Hasil Audit BPK Kinerja Dukcapil Buruk

MCB.Com, (Kota Gorontalo) –Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Gorontalo yang selalu berhubungan dengan orang banyak, bukannya memberikan prestasi kinerja yang baik. Parahnya, justru tahun ini (2017) Dinas Dukcapil berdasarkan laporan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berkinerja buruk.

Hal tersebut terungkap pada rapat audit kinerja di ruang kerja Walikota Gorontalo, Selasa (07/11). Walikota Gorontalo Marten Taha, diwawancarai terkait temuan tersebut membenarkan temuan itu.

“Memang secara umum sudah berjalan baik, namun ada beberapa temuan BPK yang perlu ditindak lanjuti, seperti standar pelayanan yang ditetapkan, yang tadinya 15 menit belum bisa terwujud dan tidak berjalan maksimal, malah molor 20 menit. Ada juga pelayanan sampai memakan waktu 30 menit. Jangan didiamkan, segera ditindak lanjuti!” tegasnya.

Menurut Marten, mengukur kenerja aparatur di dinas-dinas harus melalui proses audit BPK. Kinerja dan prestasi dinas dapat terukur secara obyektif dan normatif. Dengan demikian, dinas yang mendapatkan audit buruk dari BPK dapat memperbaiki pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Memang sengaja kami meminta BPK untuk mengaudit kinerja Dukcapil terkait pelayanan publik.  Temuan lain adalah persolan Standar Oprasional Prosedur (SOP) yang baku. Semua masih berupa draf. Saya minta segera dibuat sesuai prosedurnya,” kata Marten.

Kata Marten, tidak hanya Dinas Dukcapil yang diaudit oleh BPK, termasuk BPMPTSP. Semua instansi yang berhubungan dengan pelayanan publik akan diaudit kinerjanya oleh BPK.

“Alhamdullah sudah ada yang bagus, kurang lebih mencapai mencapai 68 sekian persen memenuhi kepuasan masyarakat melalui survei yang ada. Audit bukan sekedar reguler pada penggunaan anggaran, tetapi bagaimana audit kinerja,” tutupnya. (01-17)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa November 8, 2017 01:10
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.