Pasca Peresmian, JMP Ambon Belum Difungsikan

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 8, 2016 07:52

Pasca Peresmian, JMP Ambon Belum  Difungsikan

MediaCerdasBangsa.Com (Ambon) –  Jembatan Merah Putih di kota Ambon  yang telah di resmikan Presiden Joko Widodo tanggal 5 April 2016 sangat di sayangkan penggunaan sebagai akses jalan belum bisa di manfaatkan oleh warga Ambon. Jembatan terpanjang di Indonesia Timur, dengan panjang 1.140 meter tersebut jadi ikon wisata baru Kota Ambon, tidak memiliki marka jalan yang memadai dan masih tertutup untuk umum.

JMP tidak dilengkapi dengan fasilitas pejalan kaki dan kendaraan pun dilarang berhenti di atas jembatan. Jembatan yang  tingginya mencapai 34,1 meter di atas permukaan laut. ini memakan dana kurang lebih Rp 772,9 miliar yang bersumber dari APBN secara multi years.

Pihak kepolisian yang berjaga menyatakan untuk sementara tidak dapat digunakan karena belum serah terima dari team proyek ke Pemerintah Daerah, sehingga pihak kepolisian menutup jalur jembatan Merah Putih demi keamanan pengendara motor dan mobil untuk menghindari tabrakan.

Sampai berita ini diturunkan jembatan tersebut masih ditutup dengan pagar seng. Jembatan Merah Putih adalah jembatan yang membentangi Teluk Dalam Pulau Ambon, yang menghubungkan Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

Pembangunan Jembatan Merah Putih bertujuan untuk menunjang pengembangan fungsi kawasan di Teluk Ambon sesuai dengan Tata Ruang Kota Ambon dimana Poka-Rumahtiga sebagai kawasan pendidikan dan Durian Patah – Telaga Kodok sebagai kawasan pemukiman.

Selain itu, Jembatan ini juga menunjang sistem jaringan jalan yang telah ada khususnya pada Jazirah Leihitu serta mempersingkat jarak dan waktu tempuh kendaraan (mengurangi biaya operasi) menuju Bandar Udara Internasional Pattimura di Laha sebagai pintu keluar ke provinsi lainnya.

Pengembangan kawasan Kecamatan Teluk Ambon diharapkan akan lebih meningkatkan aktivitas sosial perekonomian dan pariwisata dengan tetap mempertahankan dan mengembangkan mata pencaharian masyarakat sekitar (pengayuh Perahu). Total panjang Jembatan Galala-Poka adalah ± 1060 m, dengan tipe jembatan utama adalah cable-stayed sepanjang 300 m. (Norman-01)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 8, 2016 07:52
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.