Pembukaan MTQ Matra Berlangsung Sederhana

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 15, 2016 14:37

Pembukaan MTQ Matra Berlangsung Sederhana

MediaCerdasBangsa.Com Pasangkayu – (Sulawesi Barat) Musabaqah tilawatil quran (MTQ) ke VI tingkat kabupaten, kembali digelar pemkab Matra. Pembukaan dilaksanakan di halaman masjid madaniah Pasangkayu hadir dalam acara pembukaan ini, Bupati Matra Agus Ambo Djiwa, Wakil Bupati Muhammad Saal, Sekkab Matra M. Natsir,Kepala Kemenag Matra Mahmuddin, unsur pimpinan muspida, serta pimpinan SKPD.

Pelaksanaan pembukaan MTQ dibawah penanggungjawab bagian kesra dan kemasyarakatan pemkab Matra ini, berlangsung sederhana, tidak ada tampilan-tampilan keagamaan yang dipertontonkan, seperti pembukaan MTQ pada umumnya acara ceremonial hanya diisi oleh kata sambutan dari beberapa pejabat terkait. Tidak hanya itu peserta yang hadirpun terlihat minim, dan masih banyak kursi undangan yang kosong.

Tak pelak, kondisi ini menuai komentar dari bupati Matra. Ia menuturkan bahwa pelaksanaan pembukaan MTQ tingkat kabupaten tersebut, seperti pelaksanaan pembukaan MTQ tingkat kecamatan.

” Tentu, ini bahan evaluasi saya sebagai bupati dan kedepan saya akan membuat pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini berlangsung semeriah mungkin, dan saya akan cek terus berapa anggaranya kedepan, saya tidak mau berlangsung tidak meriah” ujarnya saat memberi sambutan.

Tidak hanya dari segi pelaksanaan, ia juga berkomitmen pada tahun mendatang akan meningkatkan jumlah anggaran untuk hadiah bagi pemenang MTQ. Bahkan bagi para pemenang kategori remaja di kabupaten maupun MTQ ditingkat provinsi nantinya akan diberangkatkan umrah secara gratis.

” Tahun ini saya tidak tau berapa hadiahnya, tapi tahun depan anggaran untuk hadiah minimal totalnya Rp. 100 juta, dan pak Sekda tolong itu dicatat” perintahnya, yang disambut anggukan dari Sekkab Matra M. Natsir.

Pelaksanaan MTQ ini sendiri, seyogyanya melibatkan 12 kafilah dari 12 kecamatan yang ada di Matra, namun hingga acara pembukaan kemarin kafilah dari kecamatan Duripoku belum mendaftarkan diri.

Ada berbangai cabang yang diperlombakan dalam MTQ ini yakni, cabang tilawah alquran, cabang hifdzil alquran, cabang tafsir quran, cabang fahmil quran,cabang khatam quran, cabang makalah ilmiah alquran, dan cabang khattil quran.

” Para pemenang MTQ ini nantinya dipersiapkan untuk mengikuti pelaksanaan MTQ tingkat provinsi di Mamasa pada Mei mendatang” ujar Kabag Kesra dan Kemasyarakatan pemkab Matra Halimah. (joni)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 15, 2016 14:37
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.