Beranda Community Pemda Kabupaten Gorontalo Berikan Perhatian Khusus Atas Turunnya Harga Kelapa

Pemda Kabupaten Gorontalo Berikan Perhatian Khusus Atas Turunnya Harga Kelapa

30

Pemerintah Kabupaten Gorontalo memberikan perhatian khusus terhadap harga kelapa yang saat ini dinilai sangat rendah. Akibatnya, para petani kelapa merasa dirugikan dengan turunnya harga kelapa. Oleh sebab itu pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo melakukan berbagai terobosan untuk mendapatkan solusinya.

Nah, berikut ini wawancara kutipan wawancara Kharisma Radio 90 fm, Oktavianus Taduga (OT) bersama Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Fonny Tangahu, SP., M.Si (FT) di ruang kerjanya baru-baru ini.

OT          : Bu, sekarang ini tampaknya pemerintah memberikan perhatian terhadap pengembangan kelapa di Kabupaten Gorontalo.

FT           : Sebenarnya bukan hanya persoalan kelapa yang menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo. Semua sektor menjadi perhatian pemerintah. Namun, karena anda menanyakan soal kelapa, maka yang kita bahas lebih spesifik pada persoalan kelapa. Hehehe…

OT          : Hehehehe… Ya…, memang Dinas Pertanian khusus memberikan perhatian, salah satunya persoalan kelapa. Untuk membedah atau solusi yang diambil untuk mengatasi persoalaan kelapa ini, apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah?

FT           : Begini, sekarang ini kita tahu bersama bahwa harga kelapa dimana-mana dikeluhkan oleh para petani. Untuk menjawab persoalan tersebut, kita melakukan sosialisasi pemanfaatan produk kelapa, bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) dan beberapa investor yang bergerak di perkelapaan.

OT          : Apa hasil dari sosialisasi tersebut?

FT           : Banyak hal. Pihak IPB saat ini bersama investor akan mendatangkan investor, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, khususnya dalam hal pemanfaatan produk kelapa, turuna-turunan kelapa, dan pengambilan kelapa butir di tingkat petani.

OT          : Hanya itu saja?

FT           : Tidak. Hehehe… Seperti saya katakan tadi, banyak hal. Jadi kami rapat bersama sudah sosialisasi, seperti apa bentuk kerjasamanya sudah disampaikan. Mungkin ini antara Pemerintah Kabupaten Gorontalo, IPB, dan pengusaha.

OT          : Boleh ibu jelaskan lebih detail lagi?

FT           : Pemerintah daerah akan melakukan kerja sama dengan menggandeng BUMD dan Insya Allah juga sampai dengan BUMDes. Ini selanjutnya akan ada pertemuan lagi dalam rangka membicarakan MoU (Memorandum of Understanding) antar lembaga yang sudah saya sampaikan tadi.

OT          : Bagaimana mengimplementasikan kepada para petani kelapa hasil dari sosialisasi tersebut?

FT           : Tantangan bagi kami selaku dinas tehnis, tadi disampaikan oleh teman-teman IPB bahwa Dinas Pertanian adalah ujung tombak untuk menyampaikan hasil sosialisasi yang kita dapatkan. Yakni, bagaimana caranya petani bisa menjual hasil kelapa ini ke-unit usaha yang kita rencanakan dan akan di kerjasamakan.

OT          : Apakah ini tidak sulit memberikan sosialisasi kepada para petani kelapa yang mungkin begitu banyak?

FT           : Seperti saya katakan tadi, ini tantangan kita. Insya Allah teman-teman penyuluh akan mensosialisasikan, dan akan dibantu juga dengan oleh rekan-rekan dari IPB. Insya Allah ini akan menjawab tentang harga kelapa yang sangat rendah. Sangat miris sekali, mungkin kita dengar kelapa di hargai 500 rupiah hingga 1000 rupiah perbutir. Mudah mudahan dengan kerjasama ini bisa menaikan harga. Mungkin ini solusi dari Pemerintah Daerah bisa menaikan harga kelapa di tingkat petani.

OT          : Apakah anda yakin, para petani bisa menerima menyampaian teman-teman penyuluh yang kelak akan di sampaikan kepada petani nanti?

FT           : Saya kira ini akan terterima baik untuk menjawab keluhan petani tentang harga kelapa di tingkat petani. Pemerintah daerah telah memikirkan dan menjawab tantangan yang hari ini. Apalagi bapak bupati sebagai Ketua KOPEK sudah terjalin kerjasama dengan IPB.

OT          : Apakah ini menjadi solusi yang baik untuk menjawab persoalan harga kelapa saat ini?

FT           :  Yach…, mungkin ini solusi dari pemerintah daerah untuk menjaga kestabilan dan menaikan harga kelapa di tingkat petani. Kita pun harus menjaga dari segi kualitas produk. Ini akan dijaga oleh teman-teman dari IPB, investor, juga Dinas Pertanian. Dan ini akan menjamin harga kelapa naik.

OT          : Insya Allah rencana baik pemerintah daerah dalam menjaga harga kelapa demi berkembangnya pendapatan perkapita masyarakat dan menjaga kestabilan ekonomi di Kabupaten Gorontalo akan terealisasi. Terima kasih atas semua penjelasannya. *****