Beranda Gorontalo Penderita HIV-Aids di Gorontalo Mencapai 363 Orang

Penderita HIV-Aids di Gorontalo Mencapai 363 Orang

57

MCB.Com (Gorontalo) – Provinsi Gorontalo mendapat target dari Kementerian Kesehatan agar dalam 3 tahun kedepan bisa melakukan pemeriksaan terhadap populasi yang beresiko tertular HIV-Aids.

Terkait hal tersebut,Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Gorontalo, gencar melakukan pemeriksaan tes HIV-Aids kepada para pegawai disetiap SKPD, termasuk instansi vertikal, sehingga diharapkan jumlah penderita HIV- Aids tidak bertambah lagi.

Data dari KPA Provinsi Gorontalo terungkap, kasus HIV-Aids di Gorontalo pertama kali ditemukan pada tahun 2001. Sejak tahun 2001 hingga November 2017 tercatat penderita HIV-Aids sudah mencapai angka 363 orang.

Khusus pada temuan 2017 sebanyak 103 orang, 57 persen penderita tertular melalui prilaku seks menyimpang. Untuk penderita, 70 persen didominasi laki-laki, sisanya adalah perempuan, dengan kategori umur bervariasi mulai usia 15 hingga 24 tahun sebanyak 32 persen, serta usia 25 hingga 49 tahun sebanyak 62 persen.

Persoalan ini diharapkan mendapatkan perhatian semua pihak terutama orang tua agar menanamkan nilai-nilai agama kepada anak-anak sehingga mereka tidak terjerumus pada prilaku seks beresiko.* (01/03)