Beranda Jawa Timur Penertiban Sumur Tambang Di Tuban Mendapat Perlawanan Warga

Penertiban Sumur Tambang Di Tuban Mendapat Perlawanan Warga

92

MediaCerdasBangsa.Com (Jatim—Tuban) Penertiban tambang minyak sumur tua di lapangan tawun-gegunung, kabupaten tuban, mendapat perlawanan dari para penambang. Penambang  menghadang ratusan petugas gabungan dengan memblokir jalan masuk lokasi tambang dengan menggunakan kawat serta kayu. Sebanyak 163 aparat gabungan Polisi, TNI dan Satpol PP dikerahkan untuk melakukan penertiban tambang minyak sumur tua di lapangan tawun-gegunung, desa mulyoagung, kecamatan singgahan, kabupaten tuban, namun upaya petugas tidak berjalan mulus sebab puluhan penambang minyak ilegal ini melakukan perlawanan. Para penambang mencoba menghalangi petugas dengan memblokir akses utama menuju lokasi tambang.

Sambil membentangkan spanduk mereka berdiri menutup jalan.selain itu para penambang juga membuat pagar dari kayu dan kawat untuk merintangi aparat. sempat terjadi ketegangan antara petugas dan para penambang namun karena kalah jumlah, blokade yang dibuat penambang gagal membendung langkah petugas. meski demikian beberapa penambang masih tetap tidak putus asa memperjuangkan sumber mata pencariannya.

Dua penambang nekat memanjat tiang penyanggah bor. mereka meminta petugas tidak membongkar alat yang telah dipasang susah payah. namun setelah dilakukan negosiasi, kedua penambang ini bersedia dibujuk untuk turun. eksekusi dan pembongkaran alat pun langsung dilakukan. ditempat ini terdapat tiga puluh delapan sumur tua peninggalan belanda yang kini  menjadi wilayah kerja pertamina ekplorasi dan produksi aset empat namun selama ini sumur-sumur tersebut telah dimanfaatkan masyarakat sekitar hutan. mereka menambang secara ilegal, sehingga perusahaan yang berwenang kesulitan mengambil alih.peralatan tambang yang telah dibongkar selanjutnya diamankan ke mapolres tuban supaya para penambang tidak melakukan aktivitas ilegal lagi (HE)