Beranda Gorontalo Pentingnya Organisasi PKK sebagai Mitra Pemerintah

Pentingnya Organisasi PKK sebagai Mitra Pemerintah

6

MCB.COM (Kabupaten Gorontalo) -, Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway menghadiri pelantikan ketua Umum TP-PKK masa bhakti 2019 -2024 Tri Suswanti Tito Karnavian di Balai Kartini Jakarta, selasa (12/11/19).pelantikan dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri ) Tito Karnavian dalam kapasitas sebagai Ketua Pimbina PKK.

Tri Suswanti Tito Karnavian menggantikan Erni Guntari Tjahyo Kumolo, Ketua Masa bhakti 2014-2019, karena sang suami Tjahjo Kumolo mendapat amanah baru menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Kemarin pak mendagri Tito Karnavian memberi arahan tentang pentingnya PKK untuk membantu pemerintah mensukseskan pembangunan,” Kata ketua PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway.

 Ia juga menyampaikan pesan yang dititipkan Presiden Jokowi kepada dirinya, menurut Tito, sadar atau tidak banyak harapan yang disandarkan kepada PKK. Dalam penjelasannya, Pak Mendagri Tito Karnavian menjelaskan bahwa negara sudah memiliki struktur pemerintah untuk membangun, mulai tingkat pusat hingga desa dan kelurahan,”Mendagri bilang, PKK sudah bekerja fokus ke jantungnya, basis terkecil yakni  bermuara dari lingkungan keluarga. Tapi PPK menyebar kesemua link apabila ada dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten/kota hingga ke pusat,” Beber Fory

PKK tidak berdiri sendiri, tapi justru organisasi lintas sektor yang langsung menyambungkan tangan dari pemerintah langsung ke rakyat. Karena itu peran PKK merupakan wadah menjadi sangat senting,”Sebut tito dalam arahannya kemarin.

“PKK itu adalah organisasi unik dan istimewa karena, tidak bisa dikatakan eksekutif tapi sebagai organisasi mitra eksekutif dan programnya pro rakya,” Tutur Fory

Pada kesempatan itu, Kata Fory Naway, Mendagri juga menyinggung beberapa fokus perlu menjadi perhatian PKK, Diantaranya, penanganan stunting, kemiskinan dan antisipasi bonus demografi.

Bahkan, dalam arahannya, mendagri mengatakan PKK Bukan organisasi Bisnis User of Enjing. .kenapa ? Karena,PKK bukan organisasi yang simetri dengan urusan finansial atau keuangan tapi PKK adalah organisasi yang selalau pro memperhatikan kesejahteraan rakyat.

“Dan tentunya lebih mengedepankan pelayanan, perhatian dan mengorbankan waktu semata-mata untuk mengejar target bagaimana masyarakat lebih maksimal mendapat perhatian,” Ungkap Fory.

Berikut, fory juga menyebutkan, bahwa harapan pak mendagri PKK itu harus kerjasama lintas sektor termasuk kementerian dari pusat dan lintas OPD di pemerintah daerah. terutama kementerian menteri kesehatan,kementerian sosial dan sampai di bawah linernya ke pemerintah daerah yakni dinas kesehatan dan dinas sosial serta kementerian perempauan dan perlindungan anak dan bawahannya dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“jadi, tiga dinas ini yang sangat kursial yang lebih dekat dengan PKK. Dari tiga kemenetrian dan dinas OPD di daerah ini, yang lain sebagai penunjang bagi PKK. Misalnya badan perencanaan karena terkait anggaran, kemdiandinas lingkungan hidup karena PKK memiliki program kerjasama dalam peduli lingkungan dan mengurangi sampah,” Jelasnya

Terkakhir, harapannya kepada PKK agar berinovasi dalam program wirausaha, PKK juga diharapkan lebih memperhatikan perempuan dan perlindungan anak, PKK memperhatikan kesehatan, dan lingkungan. “Yang jelas, harapan pak menteri bagaimana PKK, selain memperhatikan program yang disebutkan diatas sekaligus memperhatikan masalah sosial yang sangat kursial yakni permasalah perempuan dan perlindungan anak dan itu target beliau sebagai menteri,” Tutup Fory (Olu/Humas)