PMI Bersama Pemkot Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Sungai

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 24, 2016 00:29

PMI Bersama Pemkot Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Sungai

MediaCerdasBangsa.Com (Jakarta) – DALAM rangka memperingati acara Hari Bumi 2016, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara bekerjasama dengan PMI American Red Cross, mengadakan Aksi Nyata Ruwat Bumi dengan berbagai kegiatan dan Susur Sungai Ciliwung, yang berlokasi di Jalan Kencur RT 002/001 Kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan. Acara Ruwat Susur Sungai untuk mensisir dan membersikan sungai ciliwung dari sampah serta mengajak semua element masyarakat menjaga kebersihan kali .

H.Sabri Saiman Ketua PMI Jakarta Utara, mengucapkan terima kasih kepada semua element masyarakat mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan sampai tingkat kota yang sudah membantu dalam membangun kebersamaan, tanpa adanya bantuan dan saling mempercayai, tanpa ini semua tidak akan dapat membangun negara ini dan yang ada malah hancur. Selain itu saya juga berterima kasih kepada masyarakat Amerika melalui Amcrossnya yang bekerjasama dengan PMI Nasional melalui pendekatan – pendekatan dengan menghasilkan sebuah program kerja bersih sungai ciliwung yang di mulai dari Bogor hingga muara yang ada di Jakarta Utara ini. Dana yang telah dihimpun oleh PMI dan PMI Amerika di kelola sebaik mungkin tanpa ada,yang ditutupi sehingga keterbukaan yang diciptakan, hal ini digunakan untuk kepentingan semua masyarakat yang terpinggirkan dalam hal terpinggirkan bukan untuk dihina, melainkan untuk segera diubah melalui pendidkan yang benar demi membangun desa, RT, RW dan Kelurahan untuk lebih baik lagi kedepan, saya berharap hubungan yang sudah terjaga dengan baik diantara kita kepada masyarakat untuk masyarakat, masyarakat dengan pemerintah dalam menghadapi problem sehingga masyarakat tidak jenuh, serta ini merupakan stiger pemicu yang cukup konsisten, ungkap H.Sabri Saiman

IMG_20160423_084015

                       Aksi Ruwat Bumi serta Susur Sungai oleh PMI dan PMI Amerika

Mewakili PMI Amerika Dino, kami senang dengan apa yang menjadi apresiasi PMI Jakarta Utara atas kegiatan ini yang di bantu semua element masyarakat yang turut adil atas kebersihan sungai, kali dan bumi. PMI sudah menginisiasikan sebuah program pengurangan resiko berbasis masyarakat dengan membentuk garda atau relewan terdepan yang ada didepan untuk siaga bencana (Tim Simbad), yang dimana tim simbad ini sudah di inisasi oleh PMI untuk mengungah dan menginovasi kegiatan  – kegiatan yang produktif dan positif yang nantinya bisa kontrubusi terhadap lingkungan. Program yang sedang berjalan ini didesain dan difokuskan kepada kesehatan lingkungan. Berharap program ini semua bisa di tularkan kepada siapa aja untuk melakukan kebersihan. Rangkaian acara sebenarnya sudah berjalan sejak tanggal 22 April bertepatan dengan Hari Bumi,  PMI meluncurkan data kerentanan yang sudah disampaikan kepada Gubernur DKI dan Jawa Barat dalam pembanguan terhadap kota agar menjadi sinkronisasi sesuai data yang kami ajukan, sebenarnya hal ini merupakan tanggung jawab yang ditanggung oleh semua pemda termasuk didalamnya pemda pusat, yang jbertujuan pembanguan ini untuk kepentingan masyarakat banyak dan diharapkan pemda dapat berfikir demi negara akan kebersihan dan keselamatan pembangunan kota ini, tutur Doni.

Camat Pademangan Musa Syafrudin mewakili Walikota Jakarta Utara, kegiatan hari bumi ini sangat positif dan mudah – mudahan ini bisa memotifasi masyarakat yang berada dipinggiran sungai ciliwung untuk menjaga sungainya agar bersih dari sampah, selain mensusur sampah disungai ciliwung acara ini juga dilakukan pembuatan biopori dan vertikal garden di sepanjang pinggir sungai. Kegiatan ini harus dilakukan setiap hari kedalam kegiatan sehari hari dan diharapkan terciptanya kerjasama yang sinergi kepada RT, RW dan lingkungan lainnya untuk kebersihan lingkungan. Mari bersama- sama kami dari pemerintah Kota Jakarta Utara membangun kembali sinergi kepada pemerintah sebagai wujud tanggungjawab bersama untuk menjaga, melihat, dan merawat bumi dan sungai dari sampah agar terciptanya kebersihan, ungkap Musa Syafrudin.(Metta/Eko)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 24, 2016 00:29
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.